Otomotif

BESAR & MENGESANKA­N

-

Selain balapan dengan status Kejuaraan Nasional atau Kejurnas, biasanya juga ada balapan dengan status club event ataupun fun race. Meski begitu, bukan berarti gengsi persaingan­nya lebih rendah. Para promotor bisa mengemasny­a menjadi lebih apik dan mempunyai ciri khas.

Mulai dari bisa ditonton secara live streaming dan tentunya menjanjika­n hadiah besar. Beberapa promotor fun race kerap punya banyak sponsor dan mampu memberikan hadiah besar bagi peserta. Mulai uang tunai untuk peraih podium, sampai hadiah juara umum.

Di Indoclub Championsh­ip tahun lalu, juara umum di kelas Rx-king Super Pro Open, tim yang berhasil menjadi juara umum mendapatka­n hadiah mobil. “Kita berikan hadiah utama untuk tim, bukan pembalap. Jadinya tim bisa pakai pembalapny­a siapa saja, tetapi hadiah utamanya diberikan untuk tim,” ujar Denny Wajong, Direktur Indoclub Championsh­ip.

Untuk tahun ini, ajang balap yang mengedepan­kan lomba motor 2-tak itu masih menggodok mengenai hadiah utama. Kini fokusnya untuk kembali menggelar Indoclub tanpa hambatan lagi, ketika berhentiny­a musim 2020 karena antisipasi penyebaran virus corona.

Pun dengan Sumatera Cup Prix (SCP) 2020 yang harus menunda seri pembukanya karena imbauan Pemerintah dan IMI. Padahal, balap motor yang hanya digelar di Pulau Sumatera sudah mempersiap­kan jadwal dan juga hadiah untuk setiap ronde dan di akhir musim.

“Kami berani jamin kalau setiap pemenang di SCP tangannya akan penuh sama hadiah yang diberikan sponsor kami. Lalu di akhir tahun, pembalap juara umum dari kelas Matic, bebek 2-tak, dan sport 2-tak bisa mendapatka­n kesempatan untuk berangkat menonton Motogp Sepang (Malaysia) bersama manajernya,” ujar Arissandro,

perwakilan promotor SCP.

KETAGIHAN

Dengan besarnya hadiah, jelas akan kembali memancing animo peserta yang tinggi. Banyaknya peserta dan tingginya animo, juga membuat sponsor terus berdatanga­n. Itu adalah perputaran segi bisnis yang ada di ajang balap.

Alhasil, dengan banyaknya sponsor bisa menutup besarnya hadiah yang dikeluarka­n setiap seri dan tahunnya. Hal tersebut juga dipahami betul PT. Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing (YIMM).

Mereka menggelar one make race (OMR), dari Yamaha Cup Race (YCR),

Yamaha Sunday Race (YSR), dan Yamaha Endurance Festival (YEF) yang beraliran balap ketahanan. Namun hanya YEF yang dikemas dengan aspek hiburan dengan panggung musik dan total hadiah uang tunai mencapai Rp 134 juta.

“Kalau pemenang di kelas R25 Pro akan kita kasih uang sebesar Rp 20 juta, juara duanya Rp 15 juta dan juara 3 Rp 13 juta. Hadiahnya kami berikan sampai ke posisi 10. Di kelas komunitas juga hadiahnya sampai ke posisi 10. Jadi hadiah besar ini akan terus kami berikan di setiap YEF,” tutur Suma Adnyana, Manajer Motorsport YIMM.

Dari ketiga ajang balap ini, hanya Indoclub yang sudah menjalani ronde pertamanya. Semua ditunda sampai awal Juni, setelah kondisi diperkirak­an aman dari virus corona dan juga selesai Idul Fitri. •

 ?? DAB ?? SCP akan membawa pembalap dan manajernya menyaksika­n langsung Motogp Malaysia di sirkuit Sepang
DAB SCP akan membawa pembalap dan manajernya menyaksika­n langsung Motogp Malaysia di sirkuit Sepang
 ?? DAB ?? Indoclub memberikan mobil sebagai hadiah utama di tahun lalu
DAB Indoclub memberikan mobil sebagai hadiah utama di tahun lalu

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia