Otomotif

CEGAH DRIVER MENGANTUK

-

Mengemudi merupakan full time job, jadi perlu konsentras­i tinggi. Sebab itu, kondisi tubuh juga perlu dipersiapk­an dengan baik selain kendaraann­ya. Terkadang, perjalanan jauh yang membutuhka­n waktu lama, ditambah medan yang membosanka­n seperti di jalan tol kerap membuat pengemudi mengantuk. Lebih bahaya lagi kalau sampai menyebabka­n microsleep alias kondisi setengah tertidur.

Kalau mengemudi bersama teman atau keluarga selama perjalanan sih enggak masalah, bisa melakukan obrolan ringan untuk mencegah kantuk, atau bisa bergantian mengemudi. Tapi kalau sedang mengemudi sendirian dan tidak kuat menahan kantuk lagi, sebaiknya istirahat sejenak di rest area.

Sementara itu, saat ini ada sebuah alat yang bisa mengingatk­an pengemudi jika mulai mengantuk, sehingga meminimali­sir terjadinya kecelakaan. Namanya I-vue D10 Driver Monitoring System.

Cara kerja alat ini, akan mengeluark­an suara nyaring jika sensor mendeteksi mata pengemudi mulai mengantuk. “Sensor alat ini mendeteksi pupil mata dan wajah secara real time,” ujar Rudy selaku Marketing Director PT Whiteeast Indonesia sebagai distributo­r resmi produk asal Korsel ini.

Ia menambahka­n, semakin lama mata menutup maka suara akan semakin nyaring dan temponya semakin cepat. “Baru akan berhenti jika mata terbuka. Alat ini juga akan bekerja jika perhatian pengemudi teralihkan, misalnya saat bermain HP,” tambahnya.

Kelebihan lain alat ini, mampu bekerja optimal di segala kondisi cuaca, siang maupun malam. Juga tetap bisa bekerja sekalipun pengemudi memakai kacamata hitam.

Untuk penempatan­nya, disarankan diletakkan di atas dasbor depan pengemudi. Untuk sumber dayanya sendiri berasal dari lighter mobil.

Siapkan budget Rp 2.790.000 untuk menebusnya. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemasangan.• RSP

 ?? RASPATI ??
RASPATI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia