Otomotif

PENYEBAB OLI MESIN MENGENTAL

-

Malam Bung

Dhika. Saya mau nanya, apa yang menyebabka­n oli mesin mengental jadi kayak lumpur hitam? Saya pernah dengar dari teman, kalau oli berubah jadi kayak lumpur hitam tandanya itu oli palsu, apa benar?

Apakah kalau sudah terjadi seperti ini dapat merusak mesin? Satu lagi, haruskah turun mesin untuk membersihk­an lumpur oli?

Imam Subekti, via Messenger

Malam juga Mas Imam. Berubahnya oli mesin jadi kayak lumpur hitam tersebut istilah teknisnya adalah oil sludge. Penyebabny­a memang bisa karena oli palsu. Pasalnya oli palsu ini umumnya oli daur ulang yang dimasukkan aditif lagi. Tapi oli asli pun bisa juga menyebabka­n oil sludge loh, terutama yang jenis sintetis.

Perlu Anda ketahui, oil sludge umumnya terjadi akibat tingkat penguapan oli yang terlalu tinggi. Uap oli tersebut terjadi karena suhu mesin yang tinggi. Nah, oli jenis sintetis ini lebih mudah menguap dibanding jenis mineral.

Namun bukan berarti oli sintetis harus dihindari, karena oli jenis ini lebih cocok digunakan di mesin-mesin modern yang rata-rata rasio kompresiny­a tinggi. Hanya saja, interval penggantia­nnya harus diperhatik­an.

Maksimal setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali (mana yang dicapai lebih dulu), wajib ganti oli. Jika tidak, resiko terjadinya oil sludge akan sangat besar. Jadi, anjuran penggantia­n oli mesin itu oleh pabrikan, tentu ada alasannya. Gitu loh Mas!

 ??  ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia