Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Uniknya skutik ini memiliki fog lamp yang ada di sisi samping bodi depan, fitur yang jarang ada pada skutik di kelasnya! Untuk menyalakan­nya pakai tombol di bawah setang, tepat di sebelah tombol hazard. Tombolnya mirip di mobil.

Cahaya fog lamp membantu menyinari area bawah yang tidak terjangkau lampu utama. Tapi sayangnya sinar fog lamp kurang fokus, mungkin karena bentuk reflektorn­ya. Jadi yang paling terasa adalah jangkauan lampunya yang lebih luas kanan dan kirinya, cocok ketika turing di kondisi gelap.

Spidometer GTS 250i terbagi dalam 4 bagian didominasi jarum analog. Paling kiri ada kapasitas bensin, di sebelah kanannya ada spidometer dalam satuan km/jam dan mph, lengkap dengan lampu indikator check engine, lampu jauh, dan fog lamp.

Di kanannya lagi ada takometer tapi ada layar digital mungil di bagian tengahnya dengan negative display. Isinya ada volt

meter, odometer, trip, jam, indikator jok terbuka, dan indikator standar samping terbuka. Paling kanan ada penunjuk panas mesin.

Di bagian sakelar, selain ada tombol- tombol layaknya motor pada umumnya, ada tombol kuning di bawah tombol klakson. Tombol ini berguna untuk membuka jok secara elektrik ketika kontak masih menyala. Kalau kontak sudah off bisa juga dengan memutar kunci kontak ke arah kiri agar jok terbuka.

Di sakelar kanan ada tombol engine cut off dan lampu, karena motor ini belum AHO ( Automatic Headlight On). Di bawah setang bagian kanan terdapat komparteme­n yang cukup dalam, ada juga power outlet untuk mengisi daya smartphone.

Di tengah ada kontak konvension­al yang dilengkapi penutup magnet untuk pengamanan. Yang keren di bagian tengahnya terdapat sirip seperti kisi-kisi A/C mobil, tapi yang ini fungsinya untuk menyalurka­n hawa hangat ke pengendara.

Ketika sirip terbuka, hawa hangat dari radiator yang berada di depan akan tertiup angin dan menuju pengendara. Cocok saat berkendara di dataran tinggi atau ketika hujan.

Ada pula mulut tangki bensin yang pakai penutup plasik. Membukanya dengan menekan lalu buka tutup bensinnya tetap

pakai kunci. Kapasitasn­ya bisa menampung bensin

12 liter.

Komparteme­n lebih besar ada di bawah joknya. Membuka joknya cukup dicongkel sedikit, maka akan terangkat karena sudah dilengkapi dengan hydraulic dan dibarengi dengan menyalanya lampu bagasi.

Oiya di

sebelah lampu bagasi ada sakelar kuning bertuliska­n lock dan unlock. Ini merupakan sakelar rahasia, ketika disetel lock maka kelistrika­n bisa hidup namun motor tidak bisa di- starter. Lumayan untuk menambah rasa aman. Bagasinya bisa menampung sebuah helm full face dan helm half face sekaligus. Bahkan masih ada ruang lebih di bagian tengah untuk menyimpan perangkat lain, seperti jas hujan.

 ??  ?? Ada kisi-kisi di tengah dek, jika dibuka akan mengeluark­an udara hangat dari radiator
Ada sakelar pengaman juga di balik jok, geser ke lock saat ditinggal
Ada kisi-kisi di tengah dek, jika dibuka akan mengeluark­an udara hangat dari radiator Ada sakelar pengaman juga di balik jok, geser ke lock saat ditinggal
 ??  ?? Bagasi luas mampu menampung 2 buah helm sekaligus, dilengkapi juga dengan hydraulic dan lampu kecil
Bagasi luas mampu menampung 2 buah helm sekaligus, dilengkapi juga dengan hydraulic dan lampu kecil

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia