Otomotif

PAKET SEMPURNA

-

Pabrikan mobil Jerman, Volkswagen (VW) pernah menjadi penguasa di ajang World Rally Championsh­ip (WRC). Mengantark­an pasangan pereli Sebastien Ogier/julien Ingrassia menjadi juara dunia WRC sebanyak empat kali. Ketika itu, menggunaka­n VW Polo R WRC.

VW menyatakan berhenti dari gelaran WRC akhir 2016. Namun, tidak sepenuhnya berhenti dari reli. Karena, “Kami tetap melayani permintaan mobil reli dari para konsumen,” sebut Sven Smets, Direktur Volkswagen Motorsport. Saat ini, pihak VW terus mengerjaka­n pesanan konsumen, unit VW Polo GTI R5.

Spesifikas­i antara R5 dengan mobil WRC agak berbeda tapi tidak terlalu banyak. Perbedaan mencolok terlihat pada unit aerodinami­kanya.

Nah, pesanan VW Polo GTI R5 yang masuk saat ini, ketika diserahkan kepada konsumen akan menggunaka­n ban keluaran Pirelli. Hal ini karena kedua perusahan tersebut, VW dan Pirelli telah melakukan kerja sama.

Seperti diketahui, Pirelli merupakan salah pabrikan ban yang memproduks­i ban reli. Bahkan saat ini juga menjadi pemasok ban di ajang WRC.

Kembali ke kerja sama dengan VW. Ban asal Italia ini tidak main-main dalam memasok ban untuk VW Polo GTI R5 tersebut. Dalam keadaan standar, mobil reli tersebut akan dibekali ban ukuran 235/40-R18. Wajar saja bannya berukuran cukup besar, karena tenaga yang dihasilkan dari mesin juga besar, 272 dk.

Kondisi pembelian mobil, ban yang terpasang untuk untuk permukaan aspal (tarmac), bernama P Zero RA. Ban ini tersedia beberapa kompon. Konsumen bisa mendapatka­n kompon keras, medium, lunak dan super lunak.

“Disesuaika­n oleh event yang diikuti konsumen,” tambahnya.

Selain untuk aspal, ban tersedia juga untuk gravel dengan nama Scorpion K dan untuk salju ada Sottozero Snow serta Sottozero Ice untuk permukaan es.

“Ban-ban yang kami produksi ini sudah sesuai dengan regulasi

R5. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir mengenai pilihan ban. Terlebih kami menjalin kerja sama dengan pihak VW,” ujar Terenzio Testoni, Head of Pirelli Rally Activities.

Kolaborasi yang sangat baik. Mengingat keduanya sudah sangat matang dalam ajang reli. Konsumen mendapat ‘paket’ mobil yang sempurna. • toncil

 ?? VOLKSWAGEN-MOTORSPORT ??
VOLKSWAGEN-MOTORSPORT

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia