Otomotif

GURAH MESIN DIESEL

- DIC

Sobat otomotif tentu sudah tak asing lagi dengan gurah mesin. Yup, yakni proses membersihk­an ruang bakar secara langsung ( direct cleaning), menggunaka­n cairan carbon cleaner (ada yang juga yang berbentuk foam).

Namun gurah mesin ini umumnya dilakukan di mesin bensin, karena cairan carbon cleanernya bisa dimasukkan ke dalam ruang bakar melalui lubang dudukan busi. Sedangkan mesin diesel tidak menggunaka­n busi, jadinya susah untuk memasukkan cairan gurahnya.

Tapi ternyata ada loh bengkel yang menawarkan jasa gurah mesin diesel, yang artinya mesin diesel ini bisa juga dilakukan direct cleaning seperti halnya mesin bensin. Salah satu bengkel yang menawarkan jasa gurah mesin diesel ini adalah Autopit Car Care di Jl. Raya Pajajaran No.234, Bogor, Jawa Barat.

“Tak hanya gurah ruang bakar, paketannya juga sekalian gurah turbo dan EGR,” bilang Agam Sentosa, Outlet Manager Autopit Car Care Bogor. Tapi yang jadi pertanyaan, masukin cairan carbon cleaner- nya dari mana bos?

“Kami suntik carbon cleaner- nya dari lubang nosel injektor. Jadi, injektorny­a dilepas terlebih dulu,” bebernya. Memang sih prosesnya sedikit lebih ribet dibanding mobil bensin. Tapi, hasilnya kata Agam dijamin puas, dan emisi gas buang bakal lebih ramah. Apalagi bagi mobil diesel yang sering mengisi bahan bakarnya pakai solar biasa atau bio solar. Kerak di ruang bakar pasti cepat numpuk, walaupun mobil belum terlalu lama dipakai.

Nah, saat OTOMOTIF berkunjung ke bengkel Autopit Bogor, kebetulan lagi ada pengerjaan gurah mesin pada Toyota Kijang Innova Diesel keluaran 2012. Prosesnya memang sedikit lebih lama dibanding mobil bensin. Dari perhitunga­n lama pengerjaan­nya, untuk gurah ruang bakar Innova diesel ini memakan waktu sekitar 2 jaman.

“Karena harus bongkar cover kepala silinder untuk cabut nosel injektorny­a,” terang Agam. Setelah masing-masing nosel injektor dicabut, baru lah cairan carbon cleaner dimasukkan ke dalam ruang bakar. Selanjutny­a prosesnya mirip seperti gurah mesin bensin, yakni nunggu sekitar 15 menit cairan bekerja merontokka­n deposit di ruang bakar, kemudian disedot.

Walau sedikit lebih ribet prosesnya, konsumen yang telah melakukan gurah mesin pada mobil dieselnya, rata-rata mengaku puas karena bikin tarikan mobilnya makin enteng. “Tarikan beda banget dari sebelum gurah, rasanya pengin bejek gas terus waktu di tol, hahaha…,” aku Hendra, pemilik Kijang Innova diesel asal Jakarta itu.

O iya, untuk biaya gurah mesin diesel plus turbo dan EGR, “Biayanya mulai Rp 1,5 juta, tergantung jenis mobil dan tingkat kesulitann­ya. Itu sudah berikut cairan carbon cleanernya,” ucap Agam.

Nah, kalau sobat tertarik melakukan gurah mesin mobil dieselnya, langsung saja tancap gas ke Autopit Car Care Bogor, atau bisa janjian terlebih dulu via Whatsapp di nomor 0895-402200110. •

 ?? FOTO : DIC ??
FOTO : DIC
 ??  ?? cylinder head
Karbon hasil gurah ruang bakar pada Kijang Innova Diesel pemakaian 8 tahun
cylinder head Karbon hasil gurah ruang bakar pada Kijang Innova Diesel pemakaian 8 tahun
 ??  ?? Filter oli juga wajib diganti setelah melakukan gurah mesin
Filter oli juga wajib diganti setelah melakukan gurah mesin
 ??  ?? Memasukkan cairan carbon cleaner maupun menyedotny­a dari ruang bakar, lewat lubang nosel injektor di
Memasukkan cairan carbon cleaner maupun menyedotny­a dari ruang bakar, lewat lubang nosel injektor di

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia