Otomotif

WSBK PERANCIS JUARA DUNIA REA TERTUNDA

-

Sirkuit Magny-cours, Perancis seharusnya menjadi saksi bisu saat Jonathan Rea mengunci gelar juara dunia WSBK ke-6 secara beruntun. Namun dalam gelaran WSBK Perancis (34/10), pembalap Kawasaki Racing Team itu harus menunggu sedikit lama untuk menjadi juara dunia tahun ini.

Hujan yang seperti tanpa henti memang tidak mendukung Rea, apalagi pembalap asal Inggris itu juga dijuluki ‘Master In The Rain’, karena dalam balapan basah pun tidak menghentik­annya. Buktinya Rea bisa menang di Race 1 dan Superpole Race.

Terlebih rival terdekatny­a, Scott Redding dari Aruba.it – Ducati itu tidak podium di awal balapan awal. Saat memasuki balapan kedua, peta persaingan berubah begitu saja saat

Redding memimpin jalannya lomba di lap ketiga.

Mantan pembalap Motogp itu terus mendominas­i posisi pertama sampai selesai, sedangkan Rea yang hanya butuh podium ketiga, justru didahului rekan setim Redding, Chaz Davies yang amankan podium ketiga pada lap terakhir.

TAK DIDUGA

“Benar-benar balapan yang cukup gila bagiku, karena ini pertama kalinya balapan di Magny-cours dalam hidupku dan tidak percaya akhirnya bisa menang dengan cuaca yang sangat sulit. Hujan deras sepanjang akhir pekan,” papar Scott Redding.

“Saya masih bisa memperpanj­ang kemungkina­n untuk bisa bersaing memperebut­kan gelar juara dunia pada seri terakhir (di Portugal), meski saya dituntut untuk menang dari Rea,” sambungnya.

Kini Rea dan Redding hanya terpaut 59 angka, sedangkan maksimal yang bisa didapatkan dalam satu seri adalah 62 angka. Alhasil, semisal Redding menang dan Rea finish posisi 4 pun, Rea tetap akan jadi juara dunia

di balapan pertama.

“Kondisi cuaca pada balapan kedua pun jauh lebih sulit karena ada bagian lintasan yang basah dan ada yang sudah kering, sehingga saya agak kesulitan untuk bisa podium. Memang harus sedikit sabar untuk bisa juara dunia tahun ini, setidaknya satu kaki saya sudah di sana,” tutur JR01.

Efeknya, Redding harus rajin menang dengan harapan Rea finish di luar posisi 5 atau lebih buruk, atau mendoakan Rea minimal tidak ikut balapan WSBK Portugal di Portimao dunia WSBK di musim debutnya.

Sekadar buka rahasia nih untuk Scott Redding, kalau Jonathan Rea itu selalu menang setiap balapan di Portugal. Jadi, harus siap kerja keras dan mengalahka­n dominasi The King Of Portimao. •

RACE 1

 ??  ?? WSBK Putaran 7, Perancis
WSBK Putaran 7, Perancis

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia