Otomotif

PASANG WINCH DI SUV & D-CAB

- Rindra

Pengguna kendaraan SUV 4x4 seperti Pajero Sport atau Fortuner, memang cukup digemari saat ini. Selain dapat menunjang sebagai kendaraan harian, mobil ini juga memupuni melewati berbagai kondisi jalan.

Dan tidak dipungkiri juga, karena sudah berpengger­ak 4x4, sang pemilik akan lebih percaya diri menggunaka­n mobilnya untuk eksplore daerah baru. Kondisi inilah yang kadang dihadapkan oleh medan yang tidak bisa ditebak.

Untuk itu, rasanya perlu dipasangka­n seperangka­t winch yang berfungsi untuk mengatasi mobil terjeremba­b di medan offroad. Dan pastinya akan membuat pengemudi lebih yakin lagi melintasi jalan off-road.

Namun bagi sebagian orang, kehadirann­ya membuat penampilan kendaraan terlalu mencolok, sangar, dan jauh dari kesan rapi pada kondisi standar.

“Ada juga pemilik kendaraan yang tidak mau dipusingka­n dengan meracik suspensi depan karena penambahan bobot. Dengan penambahan winch pun sudah tambah berat, apalagi ditambah bullbar,” jelas Yusuf Ramadhan pemilik bengkel D2 Motor di Depok.

Dan kebetulan, SUV 7 penumpang yang ada saat ini memiliki ruang cukup besar dibalik bumpernya. “Jadi sangat memungkink­an menyematka­n seperangka­t winch jenis tidur dibalik bumper- nya,” jelas Dede, sapaannya. Yusuf atau akrab disapa Dede.

“Jenis winch yang dapat dipasang seperti Warn XP 9.5, Warn M8000, T-max, Runva dan lainnya. Pokoknya winch jenis tidur, bukan winch berdiri seperti Warn 8274, atau Gigglepin 4x4 misalkan. Karena winch berdiri ini tidak bisa disembunyi­kan di balik bumper,” lanjut Dede.

Syaratnya ternyata tidak rumit menurut Dede. “Paling penting adalah bikin dudukan yang benar di sasis. Cross member pada sasis juga harus diperkuat, jadi pegangan dudukan winch lebih kekar,” jelas Dede yang sudah memasangka­n pada Fortuner, Pajero Sport dan Terra. •

 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ??  ?? Kotak selenoid dari winch, masih bisa tersembuny­i di balik grill
Kotak selenoid dari winch, masih bisa tersembuny­i di balik grill
 ??  ?? Dudukan winch tersembuny­i di balik bumper
Dudukan winch tersembuny­i di balik bumper
 ??  ?? Dudukan winch dibuat beberapa bagian
Dudukan winch dibuat beberapa bagian

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia