Otomotif

AMAN GAK RADIATOR PAKAI AIR AC?

-

Halo Mas Andhika. Mau nanya nih, apa benar radiator kalau pakai air suling AC lebih aman dibanding air keran? Soalnya ada yang bilang kalau air suling AC tidak mengandung mineral, sehingga tidak menimbulka­n karat. O iya, mobil saya Honda Brio lama tahun 2014.

Segitu aja pertanyaan saya, mohon penjelasan­nya. Terima kasih sebelumnya!

Denny - via messenger

Halo juga Mas Denny. Mengenai cairan pendingin untuk radiator mobil-mobil keluaran sekarang, sebaiknya gunakan radiator coolant. Karena dari hasil pengujian yang pernah kami lakukan, air suling AC tetap dapat menimbulka­n karat pada material logam berbahan besi.

Seperti diketahui, material besi ini terdapat juga pada saluran pendingin, seperti pada water pump inlet pipe, kipas water pump dan sebagainya. Nah, dikhawatir­kan bagian-bagian yang terbuat dari material besin ini lama-lama akan muncul kerak karat, yang bila menumpuk dapat menyumbat saluran radiator, bahkan menimbulka­n kebocoran.

Memang secara teori, air suling AC tidak mengandung mineral, karena merupakan hasil kondensasi uap air di udara yang terjadi pada AC. Namun ingat, dalam air pasti ada kandungan oksigen. Nah, oksigen ini lah dapat memicu terjadinya korosi pada besi.

Sementara pada coolant, ada tambahan aditif antikaratn­ya. Dari hasil pengujian kami, paku yang direndam dalam air suling AC, hanya dalam waktu 4 saja sudah muncul bibit-bibit karat. Karat tersebut makin banyak setelah 6 hari. Sementara pada coolant, paku direndam 1 bulan pun tidak terjadi karat sama sekali.

 ??  ?? DIC
DIC

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia