Otomotif

Jasa Marga TARIF JALAN TOL MANADO- BITUNG RESMI BERLAKU

- Harryt

Terhitung mulai Jumat (30/10), pukul 00.00 WITA, tarif Tol Manado-Bitung segmen Manado-simpang Susun Danowudu mulai diberlakuk­an. Hal ini merujuk pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1494/KPTS/M/2020 tertanggal 14 Oktober 2020.

“Sejak diresmikan dan beroperasi tanpa tarif sejak selama kurang lebih satu bulan untuk memberikan sosialisas­i yang lebih optimal kepada masyarakat, mulai Jumat ini atau pada tanggal 30 Oktober 2020, tarif jalan tol ini akan resmi berlaku,” papar George I.M.P Manurung, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).

Jalan Tol pertama di Sulut ini, bakal menerapkan sistem transaksi tertutup. Yaitu tarif tol dikenakan proporsion­al (sesuai jarak pengguna jalan), dengan besaran tarif Rp 1.111/Km.

Sebagai gambaran pengguna jalan golongan I (kendaraan pribadi), tarif terjauh jika masuk dari Gerbang Tol (GT) Manado dan keluar di GT Danowudu atau sebaliknya, dikenakan tarif sebesar Rp 29.500.

“Sementara untuk jarak terdekat, masuk dari GT Manado keluar di GT Airmadidi atau sebaliknya, dikenakan tarif sebesar Rp 12.000,” sambung George.

Dengan sistem transaksi tertutup, George mengingatk­an pengguna jalan akan pentingnya menggunaka­n satu uang elektronik yang sama dalam bertransak­si di gerbang masuk, maupun gerbang keluar. Serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik selama perjalanan.

Secara keseluruha­n, total panjang Jalan Tol Manado-bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun pemerintah, dan Seksi 2 Airmadidi-bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB.

Jalan Tol Manado-bitung yang dibangun sejak 2017 memiliki total investasi sebesar Rp 4,95 Triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Nantinya jika terhubung secara penuh, akan terintegra­si serta mempermuda­h akses menuju Pelabuhan Internasio­nal Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-likupang.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia