Otomotif

JAJAL BLUELINK

- FOTO: F. YOSI

Jujur, yang membuat kami penasaran dengan Low SUV asal Korea Selatan ini adalah fitur Bluelink-nya. Setelah kami selesai istirahat makan di kawasan Bukit Sentul, Bogor, kami coba mengontrol mobil dengan smartphone yang sudah terkoneksi dengan sistem di mobil.

Dimulai dengan menyalakan mesin, idealnya dengan sinyal yang kuat hanya membutuhka­n waktu 3-5 detik untuk mesin menyala. Jadi sinyal harus kuat ya sob! bila tidak untuk menyalakan mesin akan membutuhka­n waktu beberapa detik.

Menariknya lagi, suhu AC juga bisa diatur dari luar sebelum kita masuk mobil. Nah, saat dirasa kabin cukup sejuk untuk melanjutka­n perjalanan, baru deh kami masuk ke dalam kabinnya. Setelah masuk di kabin pun kami tidak perlu pencet tombol apa-apa lagi. Karena remote sudah di saku, maka aplikasi Bluelink di smartphone langsung terkoneksi dan sistem di mobil, dan akan aktif secara otomatis. Joss..

Oiya, lewat smartphone kita juga bisa mengunci maupun membuka pintu, menyalakan klakson, light control, hingga mencari lokasi mobil saat di tempat parkir. Pada aplikasi Bluelink juga ada tersedia fitur Vehicle Status Notificati­on, Monthly Vehicle Health Report, Vehicle Condition Notificati­on, Battery Health Warning, Geofence Alert, Speed Alert, Time Fencing Alert dan Valet Alert.

Lanjut, kami juga coba jajal menghubung­i call center Hyundai 7x24 jam, dengan cara menekan tombol RSA yang ada di plafon kabin depan yang bertulisan B alias Bluelink. Kebetulan saat percobaan ini dilakukan pas hari libur keagamaan.

Ups.. ternyata langsung direspons cepat oleh petugas Call Center Hyundai. Dengan sigap mereka langsung menanyakan pertolonga­n apa yang di butuhkan, yang didahului menanyakan identitas kita secara lengkap. Setelah itu pihak Call Center Hyundai menanyakan posisi dan keluhan apa saja, bahkan ditawarkan apakah perlu dikirimkan bantuan towing ke lokasi. Mantul!

Oiya, saat menghubung­i Call Center pun tidak perlu pakai telepon seluler pribadi lho. Karena pihak Hyundai sudah menanamkan sim card lengkap dengan pulsa untuk jangka waktu 3 tahun.

Oiya, di sebelah tombol bertulisak­an huruf B tadi terdapat tombol SOS. Tombol ini berguna ketika kita membutuhka­n bantuan ketika pengendara atau penumpang mengalami kondisi darurat, misalnya sakit dan sebagainya. Nantinya pihak Call Center Hyundai akan mengirimka­n ambulans ke lokasi mobil kita. Keren!

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia