Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Selain teknologi hybrid, Fazzio punya beragam fitur fungsional lainnya. Yang pertama tentu saja sesuai namanya, Connected, spidometer­nya bisa terhubung dengan smartphone lewat aplikasi Y-connect.

Keuntungan­nya tentu saja kita tak akan terlewat jika ada telpon atau pesan masuk. Karena lambang telpon atau pesan yang ada di spidometer­nya akan menyala. Siapa tahu ada panggilan atau pesan penting yang tak boleh dilewatkan kan?

Selain itu, lewat aplikasi Y-connect kita juga bisa memantau konsumsi bensin, rute perjalanan, kondisi oli dan aki, serta posisi parkir terakhir. Cocok nih buat yang mudah lupa di mana terakhir menaruh motor, heheee...

Oke balik ke spidometer­nya, walaupun secara dimensi tak begitu besar, namun angka petunjuk kecepatann­ya termasuk besar, jadi dalam kondisi siang hari yang terik pun masih mudah terlihat. Apalagi layarnya jenis negative display, yang mana angkanya warna perak yang ketika tertimpa sinar matahari jadi lebih menyala, jadi makin jelas!

Info yang disajikan memang tak begitu banyak, selain petunjuk kecepatan, info saat hybrid ( assist) bekerja, dan Y-connect, terdapat pula odometer, tripmeter, jam, voltmeter dan fuelmeter.

Masih membahas fitur elektronik, selanjutny­a ada smart key. Remote yang dimiliki Fazzio terbilang simpel, cuma ada 1 tombol yang berfungsi untuk menghidupk­an dan mematikan remote, juga untuk answer back system.

Yang asyik dari sistem smart key Fazzio adalah kenopnya simpel, karena tak ada tombol tambahan. Untuk membuka jok dari posisi off tinggal diputar ke kiri tanpa ditekan.

Lanjut jika mencermati area setang, khas skutik Yamaha, di panel sakelar kanan tentu dilengkapi dengan hazard menemani tombol starter dan sakelar SSS ( Stop & Start System). Sedang di kiri cuma ada tombol jauh-dekat, sein dan klakson.

Sistem lampu-lampu mayoritas masih pakai bohlam halogen, cuma lampu utama yang LED. Sorot lampu dekatnya tergolong biasa, putih khas LED cukup lebar namun tak begitu tebal, jadi memang kurang terang. Ketika lampu jauh dinyalakan maka sorotnya akan mengisi tipis di atasnya dan lumayan tebal.

Fitur fungsional berikutnya tentu yang berhubunga­n dengan akomodasi. Pertama terdapat konsol di bawah kenop kontak, dimensinya pas banget buat menaruh botol minum kemasan 600 ml. Sementara untuk laci di sisi kiri bawah setang kapasitasn­ya cukup kecil, cuma ngepas untuk smartphone dengan dimensi layar sekitar 5 inci, dan posisinya harus miring.

Nah di dalam laci ini juga terdapat power outlet tipe lighter, sehingga untuk mengisi baterai smartphone butuh adaptor. Spek keluaran listriknya 12 volt 1 ampere.

Masih berhubunga­n dengan akomodasi, tentu saja terdapat bagasi di bawah jok yang kapasitasn­ya 17,8 liter. Cukup lega, barang bawaan seperti jas hujan, sandal, sepatu, sarung tangan bisa masuk. Kalau helm, cuma bawaan Fazzio saja yang masuk dan jok bisa ditutup. Helm half face standar atau full face bisa masuk, namun tentu saja jok tak bisa ditutup.

Dek yang lega tentu saja juga bisa dipakai untuk mengangkut barang bawaan, termasuk jika diperlukan membawa galon air minum. Posisi galonnya bisa berdiri atau tiduran.

Dan jangan lupa di bawah setang dan di bawah engsel jok terdapat cantolan barang yang dilengkapi dengan pengait. Sehingga barang bawaan, misal tas keresek saat dikaitkan tak akan terlepas walaupun motor sedang terguncang akibat kondisi jalan tak rata.

Fitur lainnya tentu seperti standar skutik Yamaha lainnya, ada side stand switch untuk keamanan dan smart lock, yang berfungsi untuk mengunci handel rem belakang ketika berhenti di jalan menanjak atau menurun.

 ?? FOTO: F. YOSI ??
FOTO: F. YOSI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia