Otomotif

CEPAT SELESAI, CEPAT EVALUASI

-

Usai saran dari Dorna Sports dan FIM, sirkuit Mandalika harus melakukan serangkaia­n perbaikan aspal karena beberapa masalah di tes Motogp Indonesia Februari lalu. Dari mulai aspal terkelupas dan juga debu karena proses pembanguna­n fasilitas sirkuit.

Sekitar 30% sirkuit melakukan perbaikan aspal dari tikungan 17 sampai ke tikungan 5. Termasuk area trek lurus sirkuit Mandalika yang saat tes pramusim, terlihat seperti area motocross karena debu yang terlindas ban.

“Pertama-tama lapisan atas aspal yang akan dikelupas, dibersihka­n dicuci air, tujuannya agar permukaan bersih. Sehingga ketika diaspal ulang, merekat bagus dan mengurangi risiko kerusakan di masa depan,” papar Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand

Prix Associatio­n (MGPA).

Proses pengerjaan­ya pun berlanjut selama 24 jam untuk mengejar waktu karena saat itu para pembalap Motogp sudah tiba di Qatar untuk seri pembuka. Mandalika yang menjadi venue kedua harus bergegas jika tidak ingin ada perubahan jadwal.

Juga mengganti gravel dari bebatuan kerikil tajam, menjadi berbentuk bulat. Pasalnya saat ada pembalap yang jatuh, kerikil tajam itu merusak racing suit dan juga bodi motor. Jadi penggantia­n kontur bebatuan untuk run safe pun jadi prioritas.

LEBIH AWAL

“Jika tidak ada kendala kami akan memulai pengaspala­n ulang mulai hari ini (5/3) . Kami bekerja keras agar selesai 10 Maret. Kami juga sangat optimis bisa selesai tepat waktu, juga merapikan beberapa aspek, seperti kerb yang kami cat ulang,” jelas Andhi Satria.

“Tanggal 10 (Maret) itu akan diserahter­imakan kepada kami, jadi kami terima dalam kondisi aspal yang sudah selesai semua. Lalu dievaluasi untuk mengecek kesiapan jelang Motogp Indonesia pekan depannya,” imbuh pria yang juga akrab dengan speed off-road itu.

Selesai tepat waktu, maka para pembalap Motogp juga akan tiba lebih awal (16/3) untuk menjalani aktivitas promosi. Para pembalap akan tiba di Jakarta lebih dulu, baru ke Mandalika untuk balapan.

“Nanti akan ada beberapa aktivitas promosi kami dengan beberapa pembalap,” kata Tjahyadi Wandi, Wakil Direktur Utama MGPA. Namun belum diketahui siapa saja pembalap yang akan hadir di Jakarta pada Rabu depan.

Namun jika berdasarka­n fan base dan keterkaita­n pabrikan maka akan ada Fabio Quartararo, Marc Marquez, Joan Mir, serta pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji. Mari kita nantikan. •

 ?? ?? FOTO: ITDC
FOTO: ITDC
 ?? ?? Kerb dan track limit pun dicat ulang agar terlihat lebih segar.
Kerb dan track limit pun dicat ulang agar terlihat lebih segar.
 ?? ?? LCR MEDIA
LCR MEDIA
 ?? ?? Proses pengaspala­n dikabarkan akan selesai lebih awal dan segera dievaluasi
Proses pengaspala­n dikabarkan akan selesai lebih awal dan segera dievaluasi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia