Otomotif

TEKANAN BAN ZX-25R

-

Mas minta saran dong, tekanan angin Ninja ZX-25R kalau buat track day sebaiknya berapa ya? Kemarin coba pakai 30 dan 36 psi kayaknya terlalu keras. Ban udah make Dunlop Sportmax alpha 13. Mohon dijawab mas. Daniel – by DM

Halo Daniel, wah kebetulan banget kemarin saya habis ikut fun race kelas OMR Kawasaki Ninja ZX-25R. Dan kebetulan juga di situ sekalian belajar ngeset tekanan angin dari ahlinya.

Yaitu, bersama Petrus Canisius Budi atau yang biasa dipanggil Om Tobun, mantan pembalap yang dulu pernah ikut wildcard waktu GP mampir di Sentul pada tahun 1996-1997.

Buat balap atau track day, tekanan yang disarankan untuk ZX-25R ternyata cukup rendah. Depan cukup pakai 26 psi, sementara belakang malah hanya 24 psi, dengan catatan itu kondisi ban masih dingin dan bobot rider sekitar 64 kg. Kalau lebih berat bisa dikurangi lagi, kalau lebih enteng bisa tambah.

Kenapa cuma segitu, tentu ketika suhu ban naik, maka udara di dalamnya ikut mengembang, sehingga tekanan otomatis juga naik dan akhirnya bisa mencapai tekanan ideal.

Ketika 2 lap pertama memang akan terasa masih terlalu lembek kayak kempis, tapi setelah di atas 3 lap maka tekanan jadi naik dan pas. Tapi beda cerita kalau dari pit sudah dipanasin pakai tire warmer, tentu dari lap pertama juga sudah nyaman dan bisa langsung gas pol.

Dan mungkin penasaran kenapa tekanan ban belakang lebih rendah? Tentu saja karena beban ban belakang lebih berat, sehingga gesekan yang diterima pada permukaan aspal lebih besar, maka kenaikan suhu serta tekanan anginnya juga akan lebih tinggi, jadi setelah sekian lap bisa jadi tekanan angin depan dan belakang jadi sama.

Jadi kalau pakai 30 dan 36 psi memang terlalu tinggi!

 ?? ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia