Otomotif

JAJAL FITUR

-

Inilah yang jadi keunggulan Hyundai Creta, setelah dapat posisi duduk dengan visibilita­s yang nyaman, kami langsung tancap gas menuju tol Jagorawi untuk mengeksplo­rasi ulang semua fitur-fitur keselamata­n yang terinterga­si dalam bahasa Hyundai Smartsense.

Mulai dari FCA (Forward CollisionA­voidance Assist), BCA (Blind-spot Collision-avoidance Assist), RCCA (Rear Cross Traffic Collision-avoidance Assist, LKA (Lane Keeping Assist), LFA (Lane Following Assist), DAW (Driver Attention Warning), DRVM (Driver Rear View Monitor, dan lain-lain. Oh iya, semua fitur keselamata­n ini hanya tersedia di tipe Prime.

Wusss.. Creta pun meluncur di jalur tol, dan kami langsung aktifkan fitur LFA yang tinggal klik sekali tombol di setir sebelah kanan. Maka langsung nongol di layar MID gambar setir dengan tanda marka jalan kiri dan kanan. Tapi hanya nongol ketika marka jalan terdeteksi kamera yang ada di kaca depan.

Nah.. saat kamera membaca marka jalan tersebut dan posisi mobil mendekati marka, maka seketika setir akan berbelok kiri atau kanan secara otomatis. Kecuali bila kita mengatifka­n lampu sein, maka fitur ini tidak bekerja. Tapi hati-hati ya kalau jalannya menikung tajam, LFA akan mati dengan otomatis.

Bila sejenak melepas genggaman setir misalkan ingin mengambil makanan atau HP yang jauh dari jangkauan. Sistem akan mengontrol setir selama kurang lebih 1020 detik (tergantung kecepatan kita). Tapi bila melebihi waktu 20 detik, akan muncul peringatan agar segera memegang setir kembali. Saat melebihi batas waktu tadi peringatan dengan bunyi lebih keras untuk segera tangan berada di lingkar setir.

Lain lagi dengan LKA yang akan aktif dikecepata­n mulai 60 km/jam, dan akan muncul indikator warna hijau pada MID setelah membaca jalur garis jalan. Fitur ini kami rasakan cukup membantu driver saat kelelahan, atau lagi hilang konsentras­i.

Karena saat mobil sengaja kami jalankan keluar lajur, baik lagi pegang setir ataupun tidak, maka ketika sisi mobil nyentuh garis marka, bakal ada peringatan di MID dan setir akan memberi feedback kembali ke jalur lagi.

Kemudian untuk fitur RCCA, saat kita akan keluar dari ruang parkir sensor yang mendeteksi ada kendaraan mendekat dari kiri atau kanan belakang, maka akan muncul suara audio peringatan. Selain itu, sistem juga otomatis akan mengaktifk­an rem bila diperlukan.

Plus beberapa fitur keren lainnya seperti Safe Exit Warning (SEW), High Beam Assist (HBA), Hill Start Assist Control, Rear View Monitor (semua varian), 6 airbag (varian Prime & Style), Emergency Stop Signal, hingga Vehicle Stability Management.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia