Otomotif

BELASAN RIBU UNIT ADA MASALAH DI BAGIAN INI

- FOTO: F, YOSI

Belum berselang lama dari peluncuran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, baru-baru ini PT Astra-daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota-astra Motor ( TAM) mengumumka­n merecall compact SUV terbaru mereka itu.

Program recall ini untuk Daihatsu Rocky sebanyak 9.378 unit, periode produksi dari 28 April – 7 Oktober 2021. Sementara Toyota Raize sebanyak 14.777 unit, terdiri dari tipe 1.0T S CVT, 1.0T G CVT, 1.0T G M/T, 1.2 G CVT, dan 1.2 G M/T, dengan tahun produksi antara November 2020 hingga Oktober 2021.

Menurut pihak Daihatsu, kampanye perbaikan ini perlu dilakukan karena ada potensi mengganggu kenyamanan dan keselamata­n berkendara ketika melewati jalanan rusak pada kecepatan tinggi. Disinyalir timbul bunyi abnormal pada bagian dalam kap mobil, dan ada potensi terlepasny­a komponen dudukan shock absorber.

Untuk itu diperlukan penguatan di area tersebut, dengan menambah titik area pengelasan pada bagian dudukan shock absorber depan. “Daihatsu Rocky yang terdeteksi mengalami masalah pada dudukan shock absorber atau apron tersebut sebanyak 9.378 unit. Terdiri dari tipe 1.000 cc dan 1.200 cc untuk produksi 28 April sampai 7 Oktober 2021,” beber Bambang Supriyadi, Executive Coordinato­r Technical Service Division PT ADM.

Masih kata Bambang, ”Sebab terjadinya problem fender apron pada suspensi depan Rocky, dikarenaka­n pengelasan­nya kurang tepat. Agar kuat, perlu dilakukan penambahan titik area pengelasan pada bagian dudukan shock absorber, yang tadinya hanya 14 titik, kita akan tambahkan lagi 11 titik, jadi total nanti ada 25 titik pengelasan agar lebih kuat,” jelasnya.

Bambang juga menjelaska­n bahwa proses produksi Rocky ada sebagian yang dikerjakan oleh robot, dan ada bagian-bagian tertentu yang dikerjakan manusia. “Nah, pada bagian fender apron itu dikerjakan manusia, dan memang ada kekurangan. Jadi, kita perkuat dengan menambah total menjadi 25 titik pengelasan,” tukasnya lagi.

Oiya, untuk prosedur recall, Daihatsu secara aktif akan menghubung­i pelanggan yang kendaraann­ya masuk ke dalam program ini. Selain itu, pelanggan juga bisa memastikan secara mandiri apakah Daihatsu Rocky miliknya masuk ke dalam program ini dengan mengunjung­i website resmi pada tautan www.daihatsu. co.id/recall, dengan memasukan nomor rangka kendaraan, atau bisa juga dengan menghubung­i Daihatsu Access di 1-500-898.

Jika masuk ke daftar recall, pengguna Rocky dapat langsung melakukan booking jadwal, dan datang ke bengkel resmi Daihatsu sesuai waktu yang telah ditentukan. Terdapat total 162 bengkel resmi Daihatsu yang tersebar di seluruh Indonesia, siap menyambut pelanggan untuk melakukan perbaikan pada komponen model Rocky.

“Adapun untuk waktu proses perbaikann­ya, pada model Rocky akan berlangsun­g selama sekitar 10 jam kerja,” tutup Bambang. •

 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia