Otomotif

MOTOGP INDONESIA SUKSES, LANJUTTT...

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Senang, terharu, salut dan juga bersyukur, Motogp Indonesia akhirnya kembali digelar setelah 25 tahun lalu pernah dilaksanak­an di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat pada tahun 1997.

Kita semua juga pasti bangga, Motogp yang dihelat di Mandalika, NTB ini banyak menjadi sorotan mata dunia. Terutama kesuksesan Indonesia melaksanak­an balapan motor bergengsi di dunia ini. Melihat animo masyarakat pun cukup besar. Mengutip The Race, total penonton yang hadir ke Pertamina Mandalika

Internatio­nal Street Circuit sejak hari pertama mencapai 102.801 orang. Jumlahnya terus meningkat hingga mencapai puncaknya di race day (hari Minggu) sebanyak 62.923 pengunjung. Luar biasa!

Selain serunya balapan, Motogp Mandalika pekan lalu juga menghadirk­an drama dan sensasi yang menarik dan bahkan viral sampai ke mancanegar­a.

Salah satunya hujan deras yang mengiringi­n rider Motogp saat ingin Start. Sehingga harus ditunda sekitar satu jam. Lalu aksi Rara Isti Wulandari sang pawang hujan yang bikin heboh paddock, tribun penonton dan juga seantero jagat.

Pasalnya Rara melakukan aksi ritualnya persis di depan paddock pembalap. Alhasil mematik perhatian, kekaguman dan perbincang­an di Indonesia sampai ke dunia.

Meski banyak gunjingan dari netizen, tapi patut kita apresiasi produk kearifan lokal dari seorang wanita yang tinggal di Bali ini. Pastinya Indonesia jadi semakin terkenal, hehehe….

Bicara kearifan lokal, juga terjadi oleh juara 1 Motogp Mandalika 2022, Miguel Oliviera (Red Bull KTM). Dia memberikan ucapan terima kasih pada Risman saat speech usai finish. Risman adalah seorang staf hotel yang menemaniny­a selama di Lombok.

Tak kalah terharunya ketika Presiden RI, Joko Widodo naik menyempatk­an datang dan naik podium membagikan piala kepada ketiga pemenang Motogp Mandalika.

Nah, kesuksesan pekan ini bukan berarti tidak ada catatannya loh! Masih cukup banyak kekurangan­nya yang harus diperbaiki, baik di dalam maupun luar sirkuit sebagai pendukung.

Apalagi kabarnya, gelaran balap lain akan digelar. Seperti GT World Challenge Asia pada bulan Oktober 2022 dan WSBK pada November 2022. Semoga bisa lebih baik lagi. •

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia