Otomotif

AIR RESERVOIR RADIATOR SELALU BERTAMBAH

-

Siang Om, mau tanya. Mobil saya ( Toyota Kijang) Innova bensin 2011. Pada tangki reservoir, volume air selalu bertambah dan tidak kesedot balik ke radiator. Kendalanya apa ya? Indikator temperatur normal, mohon pencerahan­nya. Terima kasih.

Bayu - via email

Selamat siang juga Mas Bayu. Penyebab permasalah­an pada tangki cadangan atau reservoir air radiator Innova bensin Anda yang selalu bertambah, ada beberapa kemungkina­n.

Pertama, bisa karena cap atau tutup radiator mobil Anda itu valve atau katupnya sudah tidak normal lagi. Oiya, perlu diketahui bahwa pada tutup radiator ini terdapat katup pengatur tekanan ( relief valve) dan katup vakum.

Ketika terjadi tekanan berlebih pada radiator, maka katup relief akan terbuka. Sehingga cairan pendingin yang ada pada radiator dibuang ke tabung reservoir tersebut.

Namun saat terjadi kevakuman pada radiator lantaran cairan pendingin disedot menuju ke mesin, maka yang bekerja adalah katup vakumnya. Sehingga cairan radiator yang ada pada tabung cadangan akan tersedot menuju ke mesin.

Nah, ada kemungkina­n katup relief atau mungkin katup vakumnya bermasalah, makanya cairan pendingin pada radiator terlalu cepat dibuang ke tabung reservoir (bila relief valve lemah).

Atau sebaiknya cairan pendingin dari tabung cadangan tidak tersedot dengan baik saat terjadi kevakuman dalam radiator (katup vakum lama terbuka). Makanya cairan dalam tabung cadangan tersebut selalu bertambah.

Kemungkina­n kedua, cap atau tutup radiator yang digunakan spesifikas­inya tidak sesuai, yakni nilai tekanannya terlalu rendah dari standarnya. Misal yang seharusnya (standarnny­a Innova bensin) pakai tutup radiator dengan tekanan 1,1 bar (108 kpa), tapi yang dipakai 0,9 bar (89 kpa).

Ini membuat air radiator terlalu cepat dibuang ke tabung reservoir sebelum waktunya. Makanya nambah terus, tapi tidak serta merta bikin suhu mesin meningkat. Coba deh ganti tutup radiatorny­a dengan yang baru dan nilai tekanannya sesuai anjuran pabrik.

 ?? ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia