Otomotif

PAKAI MILIK SAUDARA KANDUNG

-

Tak melulu soal penampilan, sektor performa Yamaha Fazzio Hybrid-connected pun tak haram dioprek. Meski terbilang motor baru, soal ketersedia­n komponen buat upgrade rupanya dapat mencomot dari saudara kandung satu merek.

Ya, berkat kesamaan basis mesin dengan Mio M3 series dan Freego, Fazzio dapat menggunaka­n part performa yang aslinya ditujukan buat mereka. Bahkan sampai ada yang sudah menyediaka­n paket lengkap seperti TDR.

Produsen komponen high performanc­e tersebut menyiapkan beberapa part dalam paket upgrade CVT Fazzio. Ada puli depan, bushing, roller, mangkok kopling, kampas ganda dan per CVT 1.000 rpm yang lebih keras 10 persen lagi standar, plus busi iridium sebagai pelengkap.

Lebih detail, Fuad Agus, mekanik TDR menjelaska­n, roller untuk Fazzio tersedia dua pilihan bobot, 13 dan 12 gram. Masing-masing lebih ringan dari bobot roller bawaan yang ada di angka 14 gram.

“Kalau keentengan percuma, karena torsi aslinya terbilang kecil,” tambah Yudo Handoko, Store Manager TDR Technology Center. Selanjutny­a ada puli depan yang speknya lebih lebar sekitar 3 mm.

Kemudian mangkok kopling dibuat lebih banyak lubang.

Tujuannya untuk melancarka­n aliran udara serta jalur membuang kotoran serta debu. Menurut Yudo, mangkok TDR juga lebih rigid, sehingga mampu mengantark­an tenaga lebih baik. Nah, kampas gandanya punya tapak yang lebih panjang dari standar Yamaha.

Di luar part pengganti, masih ada satu komponen standar yang digunakan, yakni v-belt. V-belt standar dirasa sangat mumpuni meski sudah upgrade, baik mesin maupun CVT.

“Paket upgrade memang tidak menambah hp, tapi respons akselerasi lebih cepat,” jelas pria berkacamat­a tersebut.

Untuk mengetahui peningkata­nnya, OTOMOTIF turut mengukur akselerasi dari Fazzio yang sudah diupgrade menggunaka­n Racelogic. Hasilnya dari 0 ke 60 km/ jam hanya butuh waktu 7 detik, sedangkan dalam keadaan standar

7,4 detik. Mencapai kecepatan 80 km/jam dari keadaan diam pun cuma 14,3 detik. Lebih cepat 0,8 detik dari standar di angka 15,1 detik.

Satu paket upgrade CVT dari TDR dibanderol Rp 2,2 juta, sudah termasuk dengan jasa pasang. “Proses instalasi sendiri hanya memakan waktu sekitar 1 jam, tanpa ubahan lain alias plug & play.”

Apabila tertarik, dapat langsung memboyong Fazzio Anda ke fasilitas TDR Technology Center yang berlokasi di Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodinin­grat Jalan Swadaya IV No.9, Cakung, Jakarta Timur. •

 ?? FOTO: RANGGA ?? TDR TECHNOLOGY CENTER: 0813-1970-2000
FOTO: RANGGA TDR TECHNOLOGY CENTER: 0813-1970-2000
 ?? ?? Roller ditawarkan dalam 2 pilihan bobot, 13 dan 12 gram
Roller ditawarkan dalam 2 pilihan bobot, 13 dan 12 gram
 ?? ?? Per CVT ini punya spesifikas­i 1.000 rpm
Per CVT ini punya spesifikas­i 1.000 rpm
 ?? ?? Mangkok CVT dilengkapi lubang untuk aliran udara dan jalur buang kotoran
Mangkok CVT dilengkapi lubang untuk aliran udara dan jalur buang kotoran
 ?? ?? Sepaket upgrade cvt dibanderol Rp 2,2 juta,  plus tambahan busi iridium
Sepaket upgrade cvt dibanderol Rp 2,2 juta,  plus tambahan busi iridium
 ?? ?? Puli depan lebih lebar 3 mm dari standar, biar top speed tambah
Puli depan lebih lebar 3 mm dari standar, biar top speed tambah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia