Otomotif

LEBIH TERANG & BISA DIPERSONAL­ISASI

- RANGGA

Bicara modifikasi motor memang tidak ada habisnya. Kadang meski pabrikan sudah membuat satu komponen sebaik mungkin di satu motor, masih ada saja yang kurang puas. Seperti urusan headlamp, banyak yang mengganti lampu LED standar dengan unit yang dilengkapi proyektor.

Salah satunya M. Ridwan, pemilik RIC Lighting. Spesialis modifikasi lampu motor yang menawarkan penggantia­n dan upgrade headlamp All New Honda

Vario 160 pakai lampu proyektor, yang tentu saja biar sorotnya semakin terang.

Meski terbilang motor baru, rupanya hal tersebut tidak jadi perkara sulit oleh pria yang buka praktik di Jl.

H. Ali No.2 B, Kp. Tengah,

Kramat Jati, Jakarta Timur. “Yang pasti harus pakai braket, karena kalau tidak susah menyinkron­kan dua proyektor,” ujar Chiwo, sapaan akrabnya.

Oleh karena itu harus dibuat terlebih dahulu braketnya. Kalau sudah jadi, baru diukur berapa banyak harus memotong headlampny­a. Setelah ketahuan, dicoba naik-turunnya lampu berkat penggunaan sistem levelling. Apabila tidak ada masalah, tinggal lanjut merangkai lampu dan finishing.

Dalam pengerjaan­nya, Chiwo menggunaka­n proyektor aftermarke­t berlabel Grand CBI. Dari lampu standar dicopot semua, tidak ada lagi yang dipakai. Tinggal tersisa mika headlamp standar saja.

Warna pun dapat dipilih seperti biru atau merah. Namun, bisa juga pakai tipe yang bisa diganti warna via aplikasi dan remote. Kalau pilih ini dikenakan biaya tambahan Rp 500 ribu.

“Warna suka-suka bisa diganti. Di saat ngecat motor atau ganti warna bodi, tidak perlu ribet ganti warna proyektor, tinggal seting pakai hp aja,” timpal pria ramah ini.

Proses pasang di Vario 160 pun terbilang cepat, sekitar 1-2 hari. Hal tersebut karena masih ikut antrian, kalau tidak tentu bisa lebih cepat lagi sob.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 4 sampai 7,5 juta. Yang membedakan yaitu spek proyektor berikut aksesori tambahan seperti angel eye, devil eye, fog lamp, alis dan lainnya.

Menurut Chiwo di harga Rp 4 juta sudah termasuk proyektor, DRL, angel eyes atau devil eyes dan electric levelling. Bagaimana? Ada yang tertarik untuk pasang? •

RIC LIGHTING: 0838-7200-4877

 ?? ??
 ?? FOTO: ISTIMEWA ?? Sebelum pasang buat braket untuk proyektor terlebih dahulu
FOTO: ISTIMEWA Sebelum pasang buat braket untuk proyektor terlebih dahulu
 ?? ?? Selain warna biru seperti ini, bisa juga tambah tipe yang dapat berganti warna via smartphone
Selain warna biru seperti ini, bisa juga tambah tipe yang dapat berganti warna via smartphone
 ?? ?? Proyektor pakai aftermarke­t lansiran Grand CBI
Proyektor pakai aftermarke­t lansiran Grand CBI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia