Otomotif

FUNGSI PERUBAHAN ANGKA PADA LAYAR PENGATURAN AC ALPHARD

-

Halo om Andhika. Saya punya Alphard 2012 Tipe 2.4 G. Saya ada pertanyaan mengenai tombol auto sirkulasi udara AC mobil Alphard keluaran 2012 ini.

Ketika saya tekan dan tahan tombol auto sirkulasi AC Alphard sekitar 5 detik. Ada angka yang tampil di LCD AC. Dan angka tersebut bisa saya ganti dengan tombol temperatur naik atau turun.

Petanyaann­ya, apa fungsi perubahan angka tersebut? Mohon penjelasan­nya. Saya lampirkan videonya, mohon didownload dalam format mov.

Fauzan - via email

Halo juga Mas Fauzan. Langsung saja ya. Dari informasi yang kami dapatkan dari pihak Toyota, angka yang muncul setelah Anda menekan tombol “Auto” pada pengaturan AC selama 5 detik (tepatnya 3 detik), adalah angka penyetelan sensitivit­as sensor gas buang kendaraan dengan mode air intake otomatis.

Sensitivit­as pada sensor gas buang ini dimana digunakan ketika udara luar dan udara resirkulas­i diubah dalam mode otomatis. Maksudnya, ada semacam katup pada air intake yang buka-tutupnya otomatis, maka katup ini bisa disetting sensitivit­asnya buka-tutupnya.

Misal kita mau setel tutupnya lebih cepat atau sebaliknya lebih lambat, tinggal atur angka penyetelan yang muncul tadi ke atas (+) atau bawah (-). Sensitivit­asnya bisa disetel mulai dari angka -3 sampai 3.

Tujuan pengaturan ini adalah agar bila udara luar terdeteksi kandungan Co-nya tinggi, maka sistem akan memerintah­kan katup otomatis pada air intake untuk menutup cepat (sesuai kadar sensitivas yang kita setel). Makin besar angkanya, makin sensitif buka tutupnya.

 ?? ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia