Otomotif

TRIBUTE UNTUK SAHABAT

-

Richard Danu dari RD Matic Shop punya cerita menyentuh tentang All New Honda Vario 160 miliknya. Jadi Danu punya sahabat akrab bernama Fendy Lo, yang sering dipanggil Akong.

Dari sebelum All New Vario 160 dirilis Honda, Danu dan Akong sudah punya rencana untuk mengecat skutik tersebut dengan warna kuning. Bahkan Danu sudah inden unit motor dari jauh-jauh hari.

Sayangnya jalan hidup berkata lain, Akong wafat sekitar sebulan yang lalu. “Dia sama sekali belum pernah melihat motor ini,” kenang Danu.

Berdasarka­n kesepakata­n dengan mendiang Akong, akhirnya Danu memantapka­n niatnya untuk merepaint motor dengan kelir kuning. Pengecatan dikerjakan di NS Custom yang terletak di daerah Parung, Jawa Barat.

Bodi dicat dengan warna kuning yang punya nama new Giallo Orion Pearl. Tak tanggung-tanggung, beberapa bagian bodi juga ikut dilapis karbon dengan pola spread tow, jadi rajutan karbonnya terlihat besar.

Apabila diperhatik­an, lapisan karbon ini punya finishing gloss dan doff. Disesuaika­n dengan data Modifikasi

Ban depan : Pirelli

Sokbreker belakang: bagian plastik awal yang ada di motor, jika standarnya gloss akan dibuat seperti itu, demikian juga jika aslinya doff atau plastik kasar. Lepas urusan bodi, pengerjaan beralih ke sektor kaki-kaki. Oleh Danu, suspensi depan diganti KTC. Penyesuaia­n dilakukan dengan menggunaka­n braket sepatbor variasi, karena dudukan sepatbor pada sok KTC ada di bagian bawah. Begitu pula dengan bagian bushing yang harus mengikuti. Selanjutny­a sok belakang diganti Ohlins. Karena belum ada yang khusus Vario 160, jadi ada sedikit penyesuaia­n pada braket atas dengan tambahan bushing. Sedangkan di bawah, anting sok dalam sebelah kanan dipapas sedikit.

Berikutnya kedua pelek diganti merek Kingspeed dari material aluminium forged. Pelek ini punya lebar 1.85 dan 2.50 inci, alias lebih kurus dari bawaan standar.

“Karena hanya ada ukuran tersebut,” ujar pemilik bengkel yang berlokasi di Jl. Kembang Kerep NO.C10, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Jakarta Barat.

Aslinya pelek ini diperuntuk­kan buat Vario 125 dan 150. Terpasang rapi dengan bushing custom, serta adaptor cakram baru. Sedangkan di belakang diganjal ring agar center. Lantas kedua sepatu baru tadi dibalut dengan karet bundar Pirelli Diablo Rosso Sport.

Setelah jadi, motor pun terlihat seperti apa yang dibayangka­n oleh Akong dan Danu dahulu. “Secara tidak langsung tribute ke dia,” sebut Danu.

Sungguh menyentuh, semoga Akong dapat melihat motor ini dari atas sana. •

 ?? FOTO: RANGGA ?? Hugger pun tak terlewat sentuhan karbon
FOTO: RANGGA Hugger pun tak terlewat sentuhan karbon
 ?? ?? Handel rem belakang comot Accossato
Handel rem belakang comot Accossato
 ?? ?? Baik airbox maupun cover cvt juga diberi lapisan karbon
Kaki-kaki depan rancak bana dengan paduan pelek Kingspeed, sok KTC dan kaliper Brembo GP4RX
Baik airbox maupun cover cvt juga diberi lapisan karbon Kaki-kaki depan rancak bana dengan paduan pelek Kingspeed, sok KTC dan kaliper Brembo GP4RX
 ?? ?? Lapisan karbon sampai ke tutup laci!
Lapisan karbon sampai ke tutup laci!
 ?? ?? Knalpot standar hanya diberi lapisan karbon pada bagian cover
Knalpot standar hanya diberi lapisan karbon pada bagian cover
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ?? Cover radiator diganti aluminium dengan lansiran H2C
Cover radiator diganti aluminium dengan lansiran H2C
 ?? ?? Headlamp diupgrade pakai proyektor oleh RIC Lightning
Headlamp diupgrade pakai proyektor oleh RIC Lightning

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia