Otomotif

LEBIH AWET DIBANDING SEMIR

-

Plastik kasar atau kulit jeruk di motor memang terbilang lebih bandel. Baik saat terkena gesekan, maupun diinjak dan sebagainya. Namun, seiring berjalan usian motor, plastik kasar atau kulit jeruk ini punya kekurangan, yaitu warnanya dapat memudar jadi bladus atau sering dibilang jadi ‘bule’.

Untuk menyiasati hal tersebut di pasaran cukup banyak tersedia perawatan plastik kasar berbasis semir, seperti plastic restorer. Namun, layaknya semir pada umumnya, keawetanny­a akan tergerus seiring pemakaian.

Selain produk berbasis semir, ada satu lagi solusi untuk mengembali­kan plastik kasar jadi seperti baru lagi, menggunaka­n Dashboard Coating dari Diton. Produk dari produsen spesialis cat semprot ini memang merupakan cat khusus untuk plastik kasar pada bodi.

Berfungsi untuk merestoras­i plastik kasar yang sudah kusam. Karena berupa cat, ketahanan Diton Dasboard Coating diklaim jauh lebih baik dari produk seperti semir atau plastic restorer. Penggunaan produk ini tidak mengubah tekstur, kulit jeruk berikut urat-urat di plastik masih terasa dan tetap terlihat. Dengan hasil akhir pengecatan doff.

“Ketahanan sudah kami coba sampai 8 bulan dan 1 tahun, tetap hitam. Bahkan sampai disiram bensin juga aman,” ujar Yohannes Manamba, Public Relations Diton.

Pengaplika­siannya pun mudah, tergantung kondisi bodi plastik yang ingin dikerjakan. Kalau plastik sudah baret halus bisa diamplas pakai kertas amplas grade 800-1.000. Atau jika parah bisa pakai dempul terlebih dahulu sampai rapi, baru dilapis. Kalau hanya belel atau kusam cukup dicuci bersih.

“Media yang dicat cukup dibersihka­n dari kotoran dan disiram Diton Dashboard Coating,” ujar Joni Ilmawan, Kepala Tim Painting Difan Prima Paint.

Tak pakai lama langsung saja kami coba. Media yang jadi bahan percobaan yaitu panel tutup bensin dari Yamaha Aerox 155 (Gbr. 1). Sebelum disemprot, satu bagian kami tutup dulu dengan masking tape agar dapat terlihat perbedaan before- afternya (Gbr. 2).

Selanjutny­a tinggal semprot seperti layaknya cat semprot biasa (Gbr. 3).

Bisa diberi dua atau tiga lapisan, tapi harus menunggu lapisan sebelumnya kering terlebih dahulu, agar hasilnya sempurna.

Serunya lagi, ada efek daun talas yang dihasilkan setelah pengaplika­sian Diton Dasboard Coating. Sehingga tidak ada butir-butir air yang tertinggal saat terkena air seperti pada contoh pengerjaan kami, bagian atas sudah dilapis sedang bagian bawah belum (Gbr. 4).

Hasil akhir juga elastis, jadi tidak mudah retak. Selain itu, Diton mengklaim hasil tahan panas apabila diaplikasi­kan ke plastik yang dekat dengan sumber panas, seperti cover knalpot dan cover radiator.

Nah satu kaleng cat cukup untuk penggunaan pada satu motor dengan dimensi yang cukup besar, seperti Yamaha Aerox. Satu kaleng dibanderol seharga Rp 65 ribu dengan beragam warna yang tersedia, tidak hanya hitam.

Tertarik untuk mencobanya? •

 ?? FOTO: RANGGA ??
FOTO: RANGGA
 ?? ?? 2
2
 ?? ?? 4
4
 ?? ?? 1
1
 ?? ?? 3
3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia