Otomotif

RIDING POSITION & HANDLING

-

Dengan tinggi jok yang bisa dibilang identik, ada beda ketinggian tapi hanya 4 mm, dari 740 di Genio 2019 jadi 744 di versi 2022, ketika diduduki memang tak ada perbedaan mencolok. Tetap ramah untuk pengendara dengan tinggi 165 cm sekalipun.

Karakter joknya juga identik, cukup lebar, walaupun tak selebar milik Scoopy, jadi ketika diduduki terasa nyaman karena bokong bisa tertampung. Busa joknya walaupun tipis tapi karakterny­a cukup empuk. Hasilnya terbilang nyaman untuk harian.

Posisi berkendara­nya juga sama, letak setang cukup rendah, dikombinas­i dengan jarak jok dan dek yang dekat khas skutik kecil Honda. Efeknya buat yang tinggi badannya lebih dari 170 cm, kaki terasa nangkring. Buat perjalanan lama bikin paha pegal.

Lalu apa yang beda? Tentu saja karakter handlingny­a. Faktor utamanya tentu dari penggunaan ban yang lebih lebar dan bobot yang bertambah. Genio 2022 kini 93 kg (versi CBS-ISS), naik 3 kg dari Genio 2019 yang hanya 90 kg.

Ketika dirasakan, yang langsung beda adalah karakter setangnya, jadi sedikit lebih berat. Yang tentu karena selain bannya lebih berat, permukaan yang menyentuh aspal juga lebih lebar. Rasanya kini jadi serasa memegang setang Scoopy.

Perubahan juga terasa ketika berkendara, handlingny­a jadi tak seenteng Genio 2019, tentunya juga efek dari profil ban dan bobotnya. Tapi, bukan berarti mengurangi kelincahan. Karakterny­a tetap khas skutik bersasis ESAF ( enhanced Smart Architectu­re Frame), buat harian membelah jalanan perkotaan tentu tetap sangat lincah.

Bedanya saat dipakai untuk bermanuver kencang, dengan ban yang lebih lebar, belak- belok miring kini jadi makin mantap! Walaupun karakter suspensi sebenarnya kurang begitu mendukung, karena terlalu empuk.

Yang mana kalau buat jalan santai sih bikin nyaman, enggak bikin tangan dan pinggang sakit, karena memang empuk dan tak mudah mentok. Tapi memang kalau buat ngebut membuat motor jadi kurang “diam”.

 ?? FOTO: AANT ?? Jok punya punya yak tak begitu tebal, tapi lebar dan empuk
FOTO: AANT Jok punya punya yak tak begitu tebal, tapi lebar dan empuk
 ?? ?? Bagasi kapasitasn­ya tetap 14 liter, lumayan lah!
Bagasi kapasitasn­ya tetap 14 liter, lumayan lah!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia