Otomotif

MENCEGAH BEGAL!

-

Akhir-akhir ini santer kabar pencurian skutik Honda BEAT yang cukup intens. Untuk memberi rasa aman dan kenyamanan pemilik, tak ada salahnya untuk menginstal perangkat keamanan tambahan di skutik sejuta umat tersebut.

Dari beberapa produk, ada pilihan alarm dengan immobilize­r lansiran Drake. Dari segi fitur, perangkat yang dijajakan oleh gerai Digioto tersebut punya beberapa fitur unggulan, seperti find my bike,  buzzer, dan antibegal.

Fitur keamanan diaktifkan melalui remote yang berisi 3 tombol. Yuk simak penjabaran satu per satu fungsi yang ditawarkan pengaman ini.

ANSWER BACK SYSTEM

Pertama fungsi untuk menemukan posisi motor ketika parkir. Fitur ini tak ubahnya answer back system.  Motor akan berbunyi dan sein menyala sebanyak 6 kali.

Kemudian lock system yang mencegah orang asing menyalakan motor meskipun dengan kunci asli.

Selanjutny­a ada antibegal, yang mampu mematikan mesin motor ketika dibawa kabur pihak-pihak tak bertanggun­g jawab.

“Pada saat diaktifkan, Alarm Drake akan menjalanka­n prosedur bunyi. Jalan sedikit, akan bunyi lagi dan setelahnya motor akan mati,” jelas Sutrisno Tan dari Digioto.

Tentu jadi lebih aman karena motor tidak bisa dibawa lari. Fitur ini diaktikan dengan remote, bahkan dengan jarak jangkau yang cukup jauh.

Fitur terakhir ada auto lock, yakni sistem penguncian otomatis saat pemilik motor lupa menekan tombol ketika meninggalk­an motor. Praktis kan?

Serunya Drake immobilize­r ini bersifat universal. Untuk beberapa tipe motor malah sudah dibekali kabel sesuai motor, jadi bisa dipasang secara plug n pla (PNP).

“Sebagian motor lainnya yang tidak plug and play dalam proses pemasangan butuh penyesuaia­n kabel,” tambah Trisno.

Nah, kembali ke Honda BEAT, sayangnya belum disediakan tipe yang sesuai. Jadi harus pakai punya motor lain. Meski begitu, dalam proses pemasangan tidak ada kabel original motor yang dipotong atau disambung. Pemasangan pure memodifika­si kabel dari Drake Immobilize­r.

“Khusus buat BEAT karena belum ada yang PNP, jadi pakai motor lain yang dipasangka­n ke soket universal,” ujar pria ramah ini.

Nantinya seperangka­t modul dan buzzer akan diletakkan di dalam tameng atau bodi depan, jadi tidak makan tempat.

Digioto menjajakan Drake immobilize­r seharga Rp 800 ribu dengan free jasa pasang bagi motor yang PNP. Di luar motor tersebut ada tambahan Rp 150 ribu. Lama pengerjaan untuk satu motor sekitar 1 jam.

Tertarik untuk coba agar hati tenang? Kunjungi saja gerai mereka yang kini berlokasi di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua Raya NO.08A Kebon Jeruk, Jakarta Barat.   •

 ?? ?? FOTO ISTIMEWA
Dalam setiap pembelian Drake Immobilize­r terdapat modul, wiring, buzzer dan Velcro
FOTO ISTIMEWA Dalam setiap pembelian Drake Immobilize­r terdapat modul, wiring, buzzer dan Velcro
 ?? ?? Pembelian Drake immobilize­r juga mendapat garansi 1 tahun
Pembelian Drake immobilize­r juga mendapat garansi 1 tahun
 ?? ?? Pada remote terdapat 3 tombol untuk mengaktifk­an fungsi alarm
Pada remote terdapat 3 tombol untuk mengaktifk­an fungsi alarm
 ?? ?? Wiring sudah pnp pada beberapa motor, jadi tak perlu potong-potong kabel
Wiring sudah pnp pada beberapa motor, jadi tak perlu potong-potong kabel

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia