Otomotif

RUSH MENGAYUN LEWAT JALAN TIDAK RATA USIR TIKUS DARI MOTOR

-

Halo Om Andhika.

Mau nanya nih soal problem yang saya alamai di mobil saya, Toyota Rush S matic keluaran 2012. Belakangan ini setiap lewat jalan yang tidak rata maupun bergelomba­ng, laju mobil kok seperti mengayun. Padahal sebelum-sebelumnya tidak seperti itu.

Pertanyaan saya, itu penyebabny­a apa ya Om? Apakah ada komponen di kaki- kaki yang bermasalah? Mohon penjelasan­nya! Satu lagi, kapan idealnya harus kuras oli transmisi matic- nya, karena sebenarnya saya beli mobil ini dalam kondisi seken. Segitu saja Om, Terima kasih atas penjelasan­nya. Ibnu S, via messenger

Halo juga Bro Ibnu, salam kenal ya dari kami. Oke langsung saja, mengenai permasalah­an laju mobil Anda yang terasa mengayun ketika lewat jalan tidak rata atau bergelomba­ng, ada kemungkina­n bushing arm mobil Anda itu sudah mulai aus.

Ada juga sih beberapa penyebab lain, seperti kurangnya tekanan angin, mulai lemahnya kinerja sokbreaker, link stabilizer oblak dan sebagainya. Saran kami untuk memastikan komponen mana yang jadi penyebabny­a, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa secara teliti.

Lalu soal waktu ideal kuras oli transmisi matic- nya, rata-rata setiap jarak tempuh 40.000 km atau 2 tahun sekali. Namun bila menggunaka­n AT Fluid jenis long life, bisa sampai kelipatan 80.000–100.000 kilometer.

Om mau tanya, cara usir tikus yang menyarang dalam motor matic gimana? Dia bawa makanan terus dibawa masuk dalam motor. Ari Dwi Wahyu – by DM

Halo Mas Ari, tikus yang bersarang di motor memang meresahkan, selain bikin bau dan bawa penyakit, juga dikhawatir­kan mereka menggigit kabel sehingga bisa bikin motor mogok atau malah korsleting dan kebakaran.

Cara mengusirny­a bagaimana? Kalau yang paling mudah sebenarnya pelihara predator alaminya, tentu saja kucing. Kalau enggan, bisa disiasati dengan beberapa cara pencegahan.

Yang pertama, usahakan jangan ada sisa makanan di sekitar motor. Biasakan tempat sampah tertutup rapat sehingga tikus tak mudah mendapatka­n makanan.

Langkah pencegahan yang kedua usahakan motor parkir di tempat yang terang. Biasanya tikus kurang suka dengan area terang, makanya bersarang di tempat yang gelap sehingga mereka merasa aman.

Kalau tiga cara tadi masih belum efektif, sekalian saja tikusnya dibasmi. Bisa dengan pasang perangkap atau jebakan tikus, atau kasih racun yang berupa makanan. Banyak kok yang jual, baik di toko maupun marketplac­e.

Gitu mas saran dari saya, semoga berhasil menumpas hewan pengerat yang meresahkan itu.

 ?? ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF
 ?? ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia