Otomotif

TANGGUH DIAJAK BLUSUKAN DI BELANTARA

-

Pada

ajang Holiday jujur saya sudah lama tidak mengutak-atik mobil sangar 4x4, kebetulan dalam acara Holiday Fun Drive (HFD). Saya diberi kesempatan kembali untuk memeriahka­n liburan tahun ini dengan mengendara­i Jeep Gladiator JT Rubicon.

Gladiator JT ini saat ini boleh dibilang D-cab paling high end yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, fitur sangat lengkap layaknya mobil mewah, namun dengan kapabilita­s off-road paling andal.

Nah, pada hari pertama Idul Fitri 1443H, saya menikmati Jakarta yang lenggang usai ditinggal jutaan pemudik 2022.

Oh iya, selama perjalanan liburan kali ini saya bersama istri dan putri kami yang berumur 5 tahun. “Mobilnya tinggi banget yaa,” komentar istri saat akan masuk kabin. “Nggak usah dibantu tinggal pegang hand grip ini khan untuk duduk di jok,” tambahnya. Pegangan tangan yang besar dan kokoh tersebut terletak di pilar pintu dan mudah diraih.

Makin sumringah karena keluarga saya baru pertama kali naik mobil besar dan tinggi seperti Jeep Double Cabin

Alhasil selama perjalanan pun makin banyak pertanyaan dari istri dan anak.

Tak terasa kami sampai area pabrik Krakatau Steel yang biasanya hilir-mudik truk –truk besar saat kami sambangi tampak sepi.

Sebelum kami menuju tempat saudara, sengaja melipir dulu ke area wisata pantai Urugan Anyer yang terletak disamping mercusuar. Berfoto-foto di pinggir pantai bersama Sang Gladiator sambil menunggu sunset.

JAJAL JALUR OFF-ROAD

“Hutan” beton sudah, pantai sudah, rasanya kurang seru tanpa merasakan ketangguha­n Gladiator JT di habitat aslinya. Yup, kami mengajak SUV Amerika ini menuju Indian Hill di Megamendun­g, Bogor, yang cukup asik untuk wisata keluarga.

Saat menuju area Indian Hill, Gladiator disuguhi jalur jalan aspal yang sempit. Meski punya dimensi panjang 5.537 dan lebar

1.874, D-cab ini sangat enak diajak meliuk- liuk. Buktinya ketika melintas di jalur tanah yang pas hanya dengan satu mobil, tidak masalah.

Makin asyik ketika kami menemui jalan cukup terjal dengan beberapa handicap. Langsung deh posisikan transmisi di 4L, diawali ke N dulu, lalu tinggal tarik mundur tuas 4x4. Nah, dengan posisi transmisi ini, jadi eces melahap jalur off-road menuju Indian Hill. Mantap!

Mengusung mesin 3.6 liter Pentastar V6, dengan tenaga 285 dk serta torsi 352 Nm, bersanding dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Di jalur off-road, torsinya terasa sangat berlimpah saat menggunaka­n 4x4 low gear. Karena rasio pada low gear adalah 4.0:1, sangat mudah hanya dengan sedikit menyentuh pedal gas.

Bisa jadi saat kondisi hujan, bakal lebih seru lagi nih! Kami yakin dengan ketangguha­n mesin Gladiator JT dan teknologi 4x4 yang disematkan, bakal bisa melewatiny­a. Hanya saja mungkin butuh waktu, hihi..

Sampai dilokasi mata tertuju ke arah gunung Panggrango dan Gunung Salak di kedua sisinya. Sangat pas ngecamp kumpul- kumpul bersama keluarga.

Ketika malam pemandanga­n lampu-lampu kota bogor dan bintang-bintang menambah keseruan kami bersama keluarga. Makin hangat dan akrab ditambah suguhan makan malam yang disiapkan oleh Om Siwistiana sebagai pemilik SIOUX Cabin Indian Hill.

Tak terasa sudah 11 hari saya bersama anak dan istri menikmati Jeep Gladiator JT di acara HFD 2022. Pengalaman yang seru dan menyenangk­an Bersama Sang Gladiator dari mulai menikmati hutan beton, angin sepoi-sepoi pantai dan diakhiri menikmati udara segar kawasan hutan Indian Hill Megamendun­g dengan jalur yang menantang yang sesuai dengan sosok Jeep Gladiator.

Sampai ketemu lagi di acara Holiday Fun Drive berikutnya! •

 ?? ?? FOTO:F.YOSI ini.
FOTO:F.YOSI ini.
 ?? ?? Sampai ketemu lagi di HFD 2023
Sampai ketemu lagi di HFD 2023
 ?? ?? Menikmati Jantung Ibukota yang sepi
Menikmati Jantung Ibukota yang sepi
 ?? ?? Fitur Adaptive Cruise Control pas buat mejalu di tol BBM jadi lebih irit
Fitur Adaptive Cruise Control pas buat mejalu di tol BBM jadi lebih irit
 ?? ?? Disematkan suspensi terbaik keluaran FOX
Disematkan suspensi terbaik keluaran FOX

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia