Otomotif

DULUAN NAIK HARGA

-

Tercatat Shell Indonesia telah menaikkan harga awal Februari 2022, berkisar Rp950-1.280 di seluruh Indonesia. Kemudian Shell sempat menurunkan harga pada 22 April 2022 (untuk jenis Shell Super dan V-power). Update terkini Shell kembali menaikkan harga pada awal Mei 2022.

Seperti dilansir dari website resmi Shell.co.id, kenaikan harga BBM Shell pada awal Mei 2022 berkisar Rp530780 untuk per liter. Penyesuaia­n harga tersebut berlaku untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Dimulai dari Shell V-power

RON 95 yang sebelumnya dibanderol Rp16.750 per liter, naik Rp530 menjadi Rp17.280 per liter. Kemudian Shell V-power Diesel naik Rp580 menjadi Rp18.680 per liter, dari harga sebelumnya Rp18.100 per liter.

Dilanjut harga Shell Super (RON 92) naik Rp780 menjadi Rp16.630 per liter, dari sebelumnya Rp15.850 per liter. Lalu Shell V-power Nitro+ justru turun Rp310, dari Rp17.750 per liter, kini menjadi Rp17.440 per liter.

Menyikapi fluktuasi harga BBM, Dian Andyasuri selaku Direktur Mobility Shell Indonesia, menegaskan kenaikan ataupun penurunan harga jual BBM Shell berpatokan pada perkembang­an harga minyak mentah dunia.

“Kami tidak bisa tahu karena harga minyak dunia juga selalu berubah-ubah.

Tahun ini, harga BBM sudah beberapa kali naik. Karena kalau dilihat pergerakan harga minyak dunia juga cenderung naik,” papar Dian, yang ditemui OTOMOTIF di SPBU Shell Gading Serpong, Tangsel (21/4). Karenanya, penentuan harga jual BBM Shell bersifat dinamis mengikuti tren harga minyak global. Artinya selain bisa naik harga, Dian juga menegaskan harga BBM Shell juga bisa turun, menyesuaik­an harga minyak dunia.

“Misalnya seperti awal tahun dan pertengaha­n April 2022 lalu, jadi tidak hanya kenaikan tapi ada penurunan harga juga. Namun, kami juga selalu mematuhi peraturan pemerintah terkait formulasi penentuan harga jual BBM di SPBU,” imbuh wanita ramah ini.

Meski begitu, Shell Indonesia mengklaim penjualan BBM Shell justru mengalami tren positif meskipun harga minyak dunia terus melejit.

“Performa penjualan kami meningkat terus. Kami senang karena banyak pelanggan yang mengenali dan merasakan keuntungan dari produk BBM kami,” bilang Dian, seperti dikutip dari Gridoto.com (5/5).

Masih menurut Dian, penjualan BBM Shell terus stabil meskipun ada penyesuaia­n harga. “Penjualan BBM kami dari tahun ke tahun cukup stabil, hal ini karena kami sudah punya pelanggan yang memang loyal dan mengenali benefit dengan terus bersama Shell,” sambungnya lagi.

 ?? ??
 ?? RASPATI ?? Dian Andyasuri
RASPATI Dian Andyasuri

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia