Otomotif

USAH PANIK, LAKUKAN TRIK INI!

-

Ada pengalaman menarik saat OTOMOTIF mengunjung­i bengkel resmi Wuling Arista di Depok, Jawa Barat. Niatnya saat itu ingin memeriksak­an unit tes Almaz RS yang kami pinjam dari Wuling Motors, sebelum dibawa ke Lampung dalam rangka “Holiday Fun Drive 2022” gawean OTOMOTIF Group.

Saat itu ada seorang pengguna Wuling Almaz yang ternyata tetangga dekat rumah kru OTOMOTIF, sebut saja Mr. X, mengeluhka­n tiba-tiba AC Suv-nya tersebut tidak bisa dioperasik­an.

“Iya, tadinya saya pakai enggak ada masalah apa-apa. Tapi pas istri mau pakai mobil ini, begitu mau nyetel Ac-nya kok enggak bisa,” tutur Mr. X kepada Heru, Service Advisor Wuling Arista Depok.

Setelah mendapat penjelasan masalah yang dialami si pemilik mobil, Heru pun lantas masuk ke dalam kabin Almaz milik Mr. X untuk mengecek pengaturan AC. Memang benar, AC tak dapat dioperasik­an.

Ia pun lantas menuju bagian depan mobil untuk membuka kap mesinnya. Setelah kap mesin terbuka, Heru lanjut membuka cover penutup aki, kemudian melepas kebel negatif pada akinya.

Setelah beberapa detik, dipasang lagi terminal negatif tersebut, lalu ia beranjak ke kabinnya untuk menyalakan mesin. Setelah itu AC coba dihidupkan. Ehh.. langsung sembuh masalah yang tadi dikeluhkan Mr. X, AC mobilnya itu kembali pulih seperti sedia kala alias bisa dioperasik­an lagi.

“Biasanya itu karena ada error di system. Langkah mencabut terminal negatif aki tadi untuk mereset sistemnya, biar kembali normal,” terang Heru.

Wahh.. ternyata semudah itu ya! Nah, untuk pemilik Almaz yang sewaktu-waktu mengalami kejadian seperti yang dialami Mr. X, coba dulu lakukan trik ini ya. Gak usah panik dulu, hehehe.. •

 ?? FOTO: F.YOSI ??
FOTO: F.YOSI
 ?? DIC ?? Tinggal kendurkan mur pengancing­nya untuk melepas kabel min aki
DIC Tinggal kendurkan mur pengancing­nya untuk melepas kabel min aki
 ?? ?? Jangan panik bila AC Almaz mendadak tidak bisa disetel
Jangan panik bila AC Almaz mendadak tidak bisa disetel

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia