Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Modern! Itu kata yang tepat buat gambarin fitur dan teknologi yang diusung Sportster S yang diproduksi di Thailand ini. Bisa dibilang sudah seperti mayoritas big bike masa kini. Sebut saja seperti dibahas di awal, lampu- lampunya sudah LED.

Juga sudah adopsi smartkey, untuk menyalakan kelistrika­n tak perlu lagi colok anak kunci. Walaupun untuk mengunci setang dan buka tangki, masih pakai anak kunci secara manual.

Yang juga terlihat modern tentu ketika menengok panel instument yang dipakai. Secara bentuk sih klasik bulat, tapi sudah adopsi layar jenis TFT berukuran 4 inci. Isi infonya tentu saja terbilang komplet.

Paling utama yang berbentuk bulatan di sisi paling luar ada takometer dengan angka sampai 10.000 rpm, redline mulai di 9.000 rpm. Di tengah atas terdapat lambang pilihan Riding Mode, yang mana ada 3 pilihan utama yaitu Road, Sport, Rain dan tambahan custom. Pilihan menu ini diapit indikator lampu sein. Sedikit di bawah kanannya, ada indikator Cruise Control.

Sedang tampilan terbesar di tengah tentunya terdapat spidometer, yang mana di bawahnya ada info-info yang bisa diganti dengan isi antara lain odometer, suhu sekitar, tripmeter A dan B, dan range. Di bawahnya lagi ada gear position dan fuelmeter.

Baris terbawah ada bermacam indikator, mulai dari peringatan, Traction Control System (TCS), Anti-lock Baking System (ABS), pengingat servis, pengingat tekanan ban, lampu jauh, check engine, tekanan oli, pengingat suhu mesin, sampai tegangan baterai.

Buat info tambahan juga, Sportster S ini sudah mengusung teknologi cornering TCS dan ABS. Lambangnya akan muncul saat kelistrika­n baru dinyalakan. Jadi kinerja kedua fitur tersebut juga berdasarka­n sudut kemiringan motor.

Jika masuk ke Menu, maka terdapat juga info tekanan angin ban depan dan belakang, suhu cairan pendingin dan tegangan baterai.

Oiya panel instrument milik Sportster S ini juga bisa terkoneksi dengan smartphone, “Tapi harus instal dahulu aplikasi Harley-davidson,” terang Rivo. Jika sudah terkoneksi, maka bisa menampilka­n navigasi secara turn by turn.

Selain itu juga bisa menampilka­n pemberitah­uan jika ada panggilan dan pesan masuk, dan juga menu hiburan.

Nah untuk mengoperas­ikannya menggunaka­n tombol di kedua

panel sakelar. Yang di sisi kanan, terdapat tombol buat menu audio, seperti menambah dan mengurangi volume suara.

Di setang kanan ini juga terdapat sakelar engine cut off yang di tengahnya tombol starter. Berdamping­an dengan hazard dan Mode, yang mana ini untuk memilih Riding Mode.

Geser ke setang kiri, terdapat beberapa sakelar. Yang utama tentu ada untuk lampu jauh-dekat dan passing. Juga ada sakelar lampu sein dan klakson. Selain itu ada sakelar untuk Cruise Control, grip heater dan berbagai tombol untuk memilih dan menggeser menu yang ada di panel instrument.

Oiya masih membahas area setang, yang juga menarik tentu saja spionnya, yang pakai model bar end. Lalu handel rem dan koplingnya sama-sama dilengkapi dengan setelan 5 tingkat.

Nah kalau membahas rem, ini juga menarik karena brand dan spesifikas­inya ala sport bike. Andalkan vendor dari Brembo, dengan spek yang depan pakai kaliper radial 4 piston, sedang belakang tentu cukup 1 piston.

Suspensiny­a juga layaknya sport bike, pakai upside down dan monosok. Andalkan vendor Showa yang depan berdiamete­r as 43 mm, sementara belakang pakai monosok dengan multi-link. Setelan pun lengkap, ada preload, compressio­n dan rebound. Malah setelan preload belakang model remote adjuster, letaknya di sisi belakang kiri motor.

 ?? ?? Ini sakelar kiri, ada pengatur menu dan Cruise Control
Sakelar kanan, ada pengatur audio
Ini sakelar kiri, ada pengatur menu dan Cruise Control Sakelar kanan, ada pengatur audio
 ?? FOTO: AANT ?? Panel instrument yang modern, bulat TFT 4 inci
FOTO: AANT Panel instrument yang modern, bulat TFT 4 inci
 ?? ?? Suspensi belakang monosok dan punya setelan lengkap
Lengan ayun yang unik, tubular dan meruncing ke belakang
Suspensi belakang monosok dan punya setelan lengkap Lengan ayun yang unik, tubular dan meruncing ke belakang
 ?? ?? Mesin Revolution Max 1250T, modern dan minim getaran
Mesin Revolution Max 1250T, modern dan minim getaran
 ?? ?? Rem depan pakai Brembo radial 4 piston, mantap kan!
Rem depan pakai Brembo radial 4 piston, mantap kan!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia