Otomotif

JENIS BATERAI

-

Menurut Agung Masteros dari Mosell, penyedia perangkat motor dan sepeda listrik, baterai yang dipasarkan di Indonesia umumnya ada dua jenis; Lithium-ion dan Lifepo4.

Baterai litihium- ion kalau berdasarka­n voltase, per baterainya 3,7 Volt. Sedangkan Lifepo4 berdasarka­n voltasenya 3,2 Volt, nah di Indonesia ada produsen baterai ABC yang sudah mulai membuat baterai ini.

Tipe baterai yang paling umum digunakan yaitu lithium-ion. Namun, sebenarnya kalau dibilang plus-minus, baterai li-ion di Indonesia cenderung riskan. Karena kondisi di Indonesia untuk start temperatur saja 30-33 derajat celcius, sedangkan baterai liion berbahaya kalau sudah lebih dari 50 derajat celcius.

Untuk itu, di setiap baterai li-ion wajib harus ada BMS atau Baterry Management System, yang terdapat sensor suhu. Apabila sudah mencapai lebih dari 50 derajat celcius, sistem tersebut akan mencut- off daya.

Nah sisi positifnya, tipe li-ion ini rating dischargen­ya tinggi bisa 5-6C. Dengan angka discharge tinggi akan membantu penyaluran tenaga motor akan lebih baik. Kelemahann­ya itu tadi, masalah temperatur, untuk merakit baterai dibutuhkan pengetahua­n khusus.

Sedikit penjelasan soal rating ‘C’ tadi, misal ada baterai C3 dengan kapasitas baterai 2 Ampere. 3C maka discharge baterai tersebut 3 kali dari kapasitasn­ya.

Selanjutny­a kelebihan Lifepo4, baterai ini termasuk ke dalam ‘baterai dingin’. Namun, kekurangan­nya butuh space yang besar. Rating discharge pun kecil hanya 3C. Jadi kalau butuh discharge yang tinggi, ampere juga harus tinggi.

“Tapi kalau kita susun atau kita rakit baterai Lifepo4 dengan ampere yang tinggi, maka spacenya untuk motor tidak muat. Makanya Lifepo4 lebih condong dipakai oleh Roda 4 atau Roda 3,” jelas pria yang sedang membantu membuat bus listrik di ITB ini.

Keunggulan lain Lifepo4 yaitu life cyclenya lebih tinggi daripada li-ion. Sebagai perbanding­an bisa sampai 2.000 kali, sedang li-ion hanya 1.0001.500 kali.

 ?? ?? Stasiun penukaran baterai seperti yang dimiliki Honda ini mempermuda­h melakukan swap baterai
Stasiun penukaran baterai seperti yang dimiliki Honda ini mempermuda­h melakukan swap baterai

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia