Otomotif

METODE PEMASANGAN

-

Seperti disinggung sedikit di awal, kendaraan atau motor listrik yang beredar umumnya terbagi dua penyimpana­n baterai, model fix dan swap. Baterai model fix umumnya diperuntuk­kan untuk kendaraan dengan jarak jangkau sedang atau jauh. Mengapa? Karena baterai model ini biasanya punya kapasitas yang lebih besar.

Dengan kapasitas penyimpana­n yang lebih besar otomatis jarak yang dapat ditempuh akan semakin jauh. Contohnya seperti di mayoritas mobil listrik yang sudah banyak beredar. Tentu butuh kapasitas besar untuk menempuk jarak jauh bukan? Di motor ada beberapa yang mengadopsi metode seperti ini, contohnya Yamaha E01 dan TVS iqube.

Untuk pengecasan bisa dilakukan di mana saja, selama tegangan listrik masih menyanggup­i. Pengisian bisa menggunaka­n charger portable, SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) atau lewat stasiun pengisian fast charging.

Namun, tentu ada juga kekurangan­nya, dengan kapasitas yang besar ukuran fix battery jadi lebih besar dan berat. Hal ini tentu mempengaru­hi bobot kendaraan itu sendiri. Selain itu, pengisian baterai sampai penuh relatif lama. Bahkan dengan sistem fast charging pun, tetap memakan waktu tidak seperti metode yang berikutnya.

Contohnya di Yamaha E01, pengisian dengan portable charging makan waktu 14 jam sampai penuh. Dengan normal charging 5 jam dan dengan metode yang paling cepat, fast charging pun masih membutuhka­n waktu 1 jam.

Nah, kecepatan ‘mengisi’ baterai jadi kelebihan metode swap battery. Motor listrik dengan swapable battery lebih dikhususka­n untuk low range distance karena kapasitasn­ya lebih kecil. Dimensi yang lebih kecil dan bobot lebih ringan, membuatnya mudah untuk dibawa atau diangkat. Mengganti baterai yang sudah habis pun jadi lebih mudah dan cepat.

“Dengan tipe swap, konsumen tidak perlu menunggu lama untuk melakukan charging karena cukup mengganti di swap battery station,” ujar Anton Widiantoro,

Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing.

Nah kekurangan dari metode swap battery, selain ada batasan jarak tempuh dan performa, kondisi baterai yang ditukar tidak dapat dipastikan kondisinya. Hal ini karena baterai tersebut bukan milik sendiri dan sepanjang siklusnya akan ditukar. Tentu pengguna tidak akan tahu kondisi dan perlakukan orang lain saat menggunaka­n baterai tersebut.

Bisa saja baterai yang digunakan di awal kualitasny­a lebih bagus, tetapi begitu ditukar di stasiun penukaran malah dapat yang kondisinya kurang baik akibat perawatan yang buruk.

 ?? ?? Baterai model fix seperti yang ada pada ilustrasi Yamaha E01 umumnya punya dimensi besar, hal tersebut memberi performa dan jarak tempuh lebih jauh
Baterai model fix seperti yang ada pada ilustrasi Yamaha E01 umumnya punya dimensi besar, hal tersebut memberi performa dan jarak tempuh lebih jauh
 ?? ?? Baterai yang dapat diswap atau ditukar biasanya punya dimensi kecil
Baterai yang dapat diswap atau ditukar biasanya punya dimensi kecil
 ?? ?? Baterai lithium-ion jadi tipe yang paling umum digunakan di motor listrik
Baterai lithium-ion jadi tipe yang paling umum digunakan di motor listrik

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia