Otomotif

MOBIL HYBRID DI BAWAH RP 300 JUTA.WOW GAK SIH?

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Ada mobil hybrid di bawah Rp 300 juta? Tertarik gak sih? Mengingat efisiensi bahan bakar jelas bisa tereduksi dibanding mobil bermesin konvension­al.

Namun masalahnya, kebanyakan mobil hybrid yang dipasarkan di Indonesia dibanderol minimal Rp 500 juta. Sebut saja Toyota yang merajai pasar mobil hybrid di Tanah Air dan memiliki banyak pilihan.

Produk Toyota berteknolo­gi hybrid yang paling murah di Indonesia adalah Corolla Cross

Hybrid. Model SUV ini dipasarkan mulai harga Rp 519,2 juta. Selain itu ada Toyota CH-R, Altis dan Camry dengan banderol di atas Corolla Cross Hybrid.

Bagi kebanyakan orang, harga setengah miliar menjadi kurang menarik, walaupun hybrid! Bagi kaum mendang-mending, lebih baik beli mobil non-hybrid yang lebih terjangkau. Meskipun berdasar hasil pengetesan OTOMOTIF, mobil hybrid itu bisa lebih efisien konsumsi bahan bakarnya.

Tapi lagi-lagi harga jadi patokan! Nah, kabar baiknya Suzuki bikin gebrakan dengan meluncurka­n

Ertiga Hybrid. Harga launching ditawarkan tak lebih dari Rp 300 juta!

Harga ‘masuk akal’ untuk kelas low MPV. Lalu teknologi juga sudah hybrid. Menarik gak buat Anda?

Eits, tapi ingat kalau teknologi hybrid yang diusung Suzuki Ertiga ini bulan real hybrid ya. Tidak seperti hybrid yang diusung oleh keempat model hybrid Toyota tadi. Suzuki menyebutny­a mild hybrid.

Nah, seperti apa sih teknologi mild hybrid Suzuki Ertiga terbaru itu? Kami mengulasny­a lebih dalam pada edisi ini. Langsung buka halaman 6 ya!

Oiya, masih berbau mobil

elektrifik­asi di Indonesia. Kami juga suguhkan ulasan Test Drive Hyundai IONIQ 5. Bagaimana rasa, driving experience dan kemudahan berkendara mobil listrik terbaru ini? Silakan kebet halaman 5.

Untuk roda dua kami pun sajikan ulasan Kawasaki KLX230 terbaru. Meski tak terlalu banyak ubahan, tapi bisa menjadi nilai tambah bagi penikmat motor trail. Apa saja perbedaan dari model lama, bisa Anda baca di halaman 10-11.

Wow gak edisi ini?•

All New Ertiga Hybrid menjadi bintang baru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang diluncurka­n pada Jumat (10/06). Sebagai pelopor LMPV hybrid, PT SIS memamerkan Ertiga Hybrid di 34 kota, mulai Aceh hingga Papua (13/6-2/7).

“All New Ertiga Hybrid adalah salah satu produk unggulan baru kami yang ditunggu-tunggu masyarakat. Bahkan sudah banyak permintaan dari berbagai kota sebelum diluncurka­n. Hal ini menjadi alasan kami untuk

meluncurka­n All New Ertiga Hybrid di 34 kota besar lainnya,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS.

Ia melanjutka­n,

All New Ertiga Hybrid merupakan inovasi yang menggabung­kan tren teknologi elektrifik­asi dan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. “Mobil ini adalah solusi yang diharapkan bisa mengatasi kesenjanga­n daya beli masyarakat terhadap mobil elektrifik­asi,” sambung Donny.

Mengusung tagline ‘Untuk Hari yang Lebih Baik’, All New Ertiga Hybrid memiliki keunggulan seperti efisiensi bahan bakar yang lebih baik, ramah lingkungan, memberikan pengalaman berkendara yang baru dan nyaman, eksterior modern, dan interior mewah.

All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan (MT) dan otomatis 4-percepatan (AT). Serta ditawarkan warna baru, Mellow Deep Red untuk tipe GX.

Mengenai harga pada Juni 2022 (on the road Jakarta) adalah All New Ertiga

Hybrid SS-AT dibanderol Rp292.300.000, All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp281.300.000, All New Ertiga Hybrid GX- AT Rp281.300.000, All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp 270.300.000.

PT SIS menargetka­n penjualan All New Ertiga Hybrid menguasai market share LMPV sebesar 11% di tahun ini.

“Saat ini All New Ertiga Hybrid menjadi yang pertama dan satu-satunya LMPV elektrifik­asi di Indonesia. Dengan berbagai tambahan fitur canggih, harganya pun masih sangat kompetitif. Jadi kami cukup optimistis All New Ertiga Hybrid dapat menguasai market share sebesar 11%,” ungkap Donny.

 ?? ??
 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia