Otomotif

RESERVOIR RADIATOR MENDADAK PENUH

- konsultasi.r4@gmail.com

Halo Bang Andhika. Mau nanya dong, mobil saya Nisan Grand Livina 1.8 2008, pas dipakai jalan-jalan sama keluarga, mendadak tabung reservoir radiator penuh hingga luber.

Tapi mesin tidak mengalami masalah overheat, normal-normal saja. Padahal belum lama sudah ganti tutup atau cap radiatorny­a seperti saran Bang Andhika tempo hari, bahkan radiatorny­a juga turut diservis.

Nah, besoknya waktu mobil dipakai lagi, eh pas saya cek tabung reservoir radiatorny­a malah kering. Itu kira-kira kenapa ya? Mohon penjelasan­nya, terima kasih! Panji – Bandung, Jawa Barat

Halo juga Bro Panji. Wah, kami turut prihatin nih atas kendala yang dialami mobil kesayangan Anda. Jika memang radiator cap sudah diganti dan radiatorny­a sudah diservis dan dikuras cairan pendinginn­ya, besar kemungkina­n ada masalah pada thermostat- nya.

Komponen ini bertugas sebagai pintu gerbang aliran cairan pendingin dari water jacket di mesin, menuju ke radiator untuk didinginka­n. Nah, bila komponen ini bermasalah, yakni buka tutupnya tidak normal, bisa membuat cairan pendingin di tabung reservoir kepenuhan atau sebaliknya cepat berkurang atau habis.

Logikanya begini, ketika thermostat tidak membuka maksimal pada suhu kerja mesin antara 85 - 90 derajat Celcius, maka aliran cairan pendingin di dalam water jacket yang seharusnya dialirkan cepat ke radiator untuk didinginka­n, jadi terhambat dan sebagian bersirkula­si pada saluran by pass.

Pada kondisi ini biasanya membuat tekanan di dalam saluran pendingin jadi tinggi akibat suhu mesin yang panas terus menerus. Akibat dari tekanan yang tinggi pada saluran pendingin, membuat valve pada tutup radiator terdorong ke atas, sehingga cairan pendingin dibuang masuk ke dalam tabung reservoir.

Nah, karena hal ini terjadi terus menerus akibat thermostat masih belum membuka maksimal, maka lama-kelamaan tabung reservoir- nya jadi kepenuhan.

Sebaliknya ketika thermostat lambat menutup atau malah tidak mau menutup setelah suhu mesin mulai dingin, aliran cairan pendingin yang bergerak cepat karena terus dipompa oleh water pump, akan menimbulka­n kevakuman berlebih dalam saluran pendingin.

Kondisi ini membuat katup pada tutup radiator akan terbuka ke bawah secara lama selama tingkat kevakuman tidak berkurang, sehingga menyebabka­n cairan pendingin di tabung reservoir tersedot terus menerus ke dalam radiator. Dampaknya, lama- lama volume cairan di tabung reservoir akan terus berkurang hingga habis.

Saran kami segera periksakan mobil Anda ke bengkel untuk dicek kondisi thermostat­nya. Oiya, pastikan juga radiator cap yang sudah diganti, sepesifika­sinya sesuai dengan anjuran pabrik ya. Sebab bila tidak sesuai, bisa juga menyebabka­n tabung reservoir- nya cepat penuh atau sebaliknya cepat habis.

 ?? ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia