Otomotif

TRIBUTE BUAT ACUY

-

OTOMOTIF AWALNYA tidak sengaja menemukan Vespa Spartan PX 200XE bergaya

80’s ini ketika melakukan liputan di Vespa World Days

( VWD) 2022 Bali. Ketika itu Vespa berwarna hijau tersebut baru akan dimasukkan ke dalam Vespa Museum yang masih masuk ke dalam agenda VWD Indonesia.

Ternyata cerita di baliknya sangat menyentuh. Vespa ini merupakan milik Reyza Mansyur yang akrab disapa Acuy. Pria asal Jakarta ini adalah seorang penggemar motor, mulai dari H-d custom sampai Vespa klasik. Ia juga salah seorang founder dari geng ‘Risotto’.

Vespa Spartan tersebut merupakan salah satu proyek restorasi pemilik akun Instagram @southernbi­kerboy. Dimulai sejak tahun 2018 dan ditargetka­n selesai pada tahun 2020 lalu. Target ini tak lain karena Acuy berencana untuk mengikuti VWD yang waktu itu dicanangka­n akan digelar pada tahun 2020 di Bali.

“Ini dia bangun selama 2 tahun, nyari aksesori segala macam sampai hidupin untuk dipajang di Vespa World Days tahun 2020,” ujar A. Rizkiyanto, teman Acuy yang kami temui di Bali.

Namun, seperti yang kita ketahui VWD 2020 harus ditunda karena pandemi Covid-19.

Dan sayangnya Acuy tidak pernah berkesempa­tan untuk mengunjung­i VWD 2022 karena takdir berkata lain, ia harus berpulang menghadap Yang Maha Kuasa.

“Tahun 2021 beliau meninggal,

akhirnya acaranya ada jadi motornya kami bawa buat dipajang,” lanjut Kiki, sapaan akrabnya.

Almarhum Acuy sendiri dinilai teman-temannya selalu terampil dalam membangun atau melakukan custom motor, teliti dan konsisten.

Namun, sayangnya Kiki kurang begitu paham dengan detail part yang dipasang, karena semuanya dikerjakan oleh almarhum Acuy. Ia hanya menerangka­n konsep yang diusung bergaya Vespa turing tahun 80-an.

Dari pengamatan, di bagian belakang terlihat sepasang pannier Elite Equipment yang memang tenar pada masanya sebagai boks untuk Vespa. Berikut rak sebagai braket side box dan top box. Selanjutny­a Acuy juga memasang jok Yankee yang menurut beberapa literatur berasal dari Italia.

Di bagian dek depan, tepatnya di atas boks terdapat speaker konsol Autosonik original NOS 1980s untuk Vespa PX. Kiki menjelaska­n, di bagian dalam boks dipasang konsol Bluetooth tambahan sehingga speaker lawas tersebut dapat memainkan lagu dari smartphone via koneksi Bluetooth.

Menurut Kiki, beberapa komponen didapat Acuy lewat ebay dari luar negeri.

Sesuai permintaan dan impian almarhum Acuy, teman-teman almarhum dari Geng Risotto, Prapanca Racing Team, Gurkha, The Clan Motoguzzi dan Kucing Dapur Resing Team meminta kepada panitia VWD 2022 untuk dapat memajang motor ini.

“Kami izin sama panitianya, kami ceritakan bahwa sebenarnya ini Vespa historinya ingin dipajang cuman tidak sempat. Terus panitianya memperbole­hkan kami untuk majang,” sebut pria ramah ini.

Semoga almarhum Reyza ‘Acuy’ Mansyur bahagia dan tenang di alam sana. Amin.•

 ?? FOTO: RANGGA ?? DIPAJANG DI VESPA WORLD DAYS 2022
Spidometer kinclong hasil restorasi
Jok lansiran Yankee buatan Italia
Pada bagian dek pun terdapat satu lagi hard case
FOTO: RANGGA DIPAJANG DI VESPA WORLD DAYS 2022 Spidometer kinclong hasil restorasi Jok lansiran Yankee buatan Italia Pada bagian dek pun terdapat satu lagi hard case
 ?? ?? Spoiler dek dari Utah mengisi bagian bawah
Spoiler dek dari Utah mengisi bagian bawah
 ?? ?? Top box pakai lansiran krauser
Top box pakai lansiran krauser
 ?? ?? Speaker Autosonik NOS untuk Vespa PX ini masih aktif lho!
Speaker Autosonik NOS untuk Vespa PX ini masih aktif lho!
 ?? ?? Pelek Faco ini juga termasuk barang langka
Pelek Faco ini juga termasuk barang langka
 ?? ?? Fog lamp buatan SIEM berukuran besar dipasang di atas sepatbor depan beri penerangan tambahan
Fog lamp buatan SIEM berukuran besar dipasang di atas sepatbor depan beri penerangan tambahan
 ?? ?? Konsol Bluetooth dipasang di dalam boks agar speaker Autosonik dapat terhubung dengan smartphone
Konsol Bluetooth dipasang di dalam boks agar speaker Autosonik dapat terhubung dengan smartphone

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia