Otomotif

BIKIN AKI TEKOR

-

CCU atau communicat­ion Control Unit bisa dibilang merupakan ‘otak’ dari motor Yamaha yang sudah mengadopsi sistem Y-connect. Teknologi ini menghubung­kan smartphone pengendara dengan motor melalui aplikasi Y-connect.

Melalui aplikasi tersebut, beragam informasi terkait data berkendara serta kondisi motor dapat diberikan ke ponsel pengguna melalui koneksi bluetooth.

Nah beberapa waktu lalu ada pengguna skutik Yamaha dengan Y-connect yang bermasalah. yaitu Radityo Herdianto dari Petukangan Selatan, Pesanggrah­an, Jaksel yang menggunaka­n Yamaha Aerox 155 Connected keluaran Juni 2021. Radityo merasa baterai atau aki motornya cepat tekor, terutama saat mau dinyalakan pagi-pagi.

Apa penyebabny­a? Menurut Adih, Kepala Mekanik Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jaksel, tempat Radityo memeriksak­an motornya, ada malfungsi di modul Y-connect atau CCU.

“Yang kami temui dari CCUnya bermasalah, panas, pasti berpengaru­h ke pengisian akinya,” jelas pria berdarah Betawi tersebut.

Adih menyebut yang kena kasus serupa baik di NMAX maupun Aerox 155 ada beberapa tapi jumlahnya hanya sedikit. “Yang ke kami perkiraan ada tiga unit yang ada keluhan seperti itu,” jelas Adih. Artinya cuma kasuistik nih, jumlahnya sedikit.

Bagi pemilik NMAX atau Aerox jika yang merasakan hal yang sama harus bagaimana? “Konsumen silakan dapat mengunjung­i dealer resmi Yamaha terdekat untuk melakukan pengecekan. Produk Yamaha memiliki garansi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terang Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing.

Apa solusinya setelah itu? Kalau di Mekar Motor ternyata solusi sementara dengan mencabut modul CCU, kemudian soket ditutup plastik. “Untuk sementara dinonaktif­kan Ccu-nya. Pasti pengisiann­ya akan normal,” lanjut Adih lagi.

Efeknya tentu saja konektivit­as dari handphone ke motor tidak bisa dipakai sementara waktu. Solusi mencabut konektor dan menonaktif­kan sistem ini diambil karena stok CCU sedang kosong. Wajar mengingat komponen ini merupakan barang slow moving.

“Kalau stoknya ada kami lakukan penggantia­n. Untuk penggantia­n kami lihat dari kondisinya juga, kalau memang tidak ada (ubahan) kelistrika­n tambahan, tidak masalah dan tetap garansi,” jelasnya.

Tapi kalau sudah ada modifikasi kelistrika­n, berarti tidak dicover oleh garansi. Harga CCU ini sendiri kisaran Rp 200 ribuan, tidak terlalu mahal tetapi stok unitnya memang harus inden. •

 ?? FOTO: F. YOSI ??
FOTO: F. YOSI
 ?? ?? Sistem Y-connect memungkink­an pengendara mendapat informasi dan data berkendara dari sepeda motornya
Sistem Y-connect memungkink­an pengendara mendapat informasi dan data berkendara dari sepeda motornya
 ?? FOTO: RADIT ?? Salah satu kemungkina­n sistem bermasalah ditandai dengan aki yang tekor
FOTO: RADIT Salah satu kemungkina­n sistem bermasalah ditandai dengan aki yang tekor
 ?? ?? Soket CCU atau Y-connect terletak di samping aki, yang dilingkari merah
Soket CCU atau Y-connect terletak di samping aki, yang dilingkari merah
 ?? ?? Wujud CCU Yamaha setelah dilepas dari motor
Wujud CCU Yamaha setelah dilepas dari motor

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia