Otomotif

KEMBALI KE MASA LALU

-

Anda pernah dengar Moondisc? Moondisc merupakan wheel cover atau dop pelek yang dikeluarka­n oleh merek performanc­e part atau aksesori dari Amerika Serikat, Mooneyes. Moondisc ini umumnya dipakai oleh mobil Hot Rod atau pun klasik.

Rupanya Moondisc pun tak haram lho sob untuk dipasang di skutik. Tapi biar pas dengan tema, skutik yang dipasang dop ini merupakan skutik bergaya retro modern. Tren ini mulai menjalar kepada para pemilik skutik tersebut.

Salah satu gerai yang menjajakan dan ikut ‘meracuni’ pengendara Vespa dengan Moondisc yaitu Bellissimo Scooter. Catur Dharma dari Bellissimo menjelaska­n, barang yang dipakai benar-benar produk orisinal dari Mooneyes Jepang.

Satu piecenya dijual seharga Rp 1.550.000, termasuk pasang. Jadi kalau buat roda depan-belakang tinggal dikali dua aja. Moondisc ini merupakan part universal dengan dua ukuran, khusus untuk pelek dengan diameter 10 dan 12 inci. Jadi pas tuh buat dipasang ke Vespa standar.

Tapi untuk pemasangan ternyata harus mengebor pelek terlebih dahulu, karena dari dop setnya sudah include baut dari Mooneyes.

“Hanya untuk pegangan di bibir pelek saja. Dibor kurang lebih 0,5 cm. Jadi masih aman karena tidak dalam-dalam,” ujar Catur.

Proses pengerjaan memakan waktu sekitar 2 jam. Selain Vespa, menurut pria jangkung ini bisa juga dipasang ke Peugeot Django atau Lambretta, selama pelek yang digunakan 10 atau 12 inci. Semua dikerjakan di gerai Bellissimo yang baru berlokasi di Jl. Artowijoyo, Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Selain Bellissimo, ada juga Pickers Store yang memasang Moondisc pada skutik. Namun, bedanya Chandra Perdana Murti dari Pickers memasang dop ini di Yamaha Fazzio. Tak haram memang, karena Fazzio punya bentuk bodi retro-modern serta pelek 12 inci.

Yang cukup sulit, pelek depan Fazzio model normal dengan sepasang suspensi teleskopik konvension­al khas skutik Jepang. Untuk itu pria yang buka gerai di Jl. Pelajar Pejuang 45 No.100 Lingkar Selatan, Lengkong, Bandung, Jawa Barat ini harus melakukan sedikit ubahan di bagian tengah Moondisc.

“Dilubangin untuk as roda,” ujar Chandra ketika dihubungi oleh OTOMOTIF.

Di depan, total ia menggunaka­n dua buah dop berukuran 10 inci. Sedang belakang cukup pakai satu yang berukuran 12 inci. Jadi total pemasangan Moondisc untuk Fazzio sebanyak 3 pcs. Dengan harga sekitar Rp 1 jutaan untuk satu piringan dopnya.

Hasilnya terlihat jadi lebih jadul kan? Selain itu tampak lebih simpel dan clean. Yuk siapa lagi yang tertarik untuk ikut tren ini? •

 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ?? ?? Bentuknya yang tipis pas dengan bibir pelek
Moondisc tak melulu harus di skutik Eropa, seperti Pickers yang pasang di Yamaha Fazzio. Pasang di pelek depan Fazzio butuh 2 pcs Moondisc dan sedikit penyesuaia­n
Bentuknya yang tipis pas dengan bibir pelek Moondisc tak melulu harus di skutik Eropa, seperti Pickers yang pasang di Yamaha Fazzio. Pasang di pelek depan Fazzio butuh 2 pcs Moondisc dan sedikit penyesuaia­n
 ?? ?? Pasangbaut pelek harus dibor sedikit, tak sampai setengah sentimeter
Pasangbaut pelek harus dibor sedikit, tak sampai setengah sentimeter
 ?? ?? Pemasangan pada pelek menggunaka­n tiga buah baut
Pemasangan pada pelek menggunaka­n tiga buah baut

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia