Otomotif

SEMAKIN CANGGIH

-

Teknologi di otomotif tentu terus berkembang. Demi kenyamanan dan keamanan konsumen pengguna produk tersebut. Bukan saja di mobil-mobil passenger, tapi juga sampai ke kendaraan niaga.

Apalagi untuk kendaraan bermesin diesel sudah keluar aturan pemerintah yang mengharusk­an emisi gas buang sesuai standar Euro 4. Demi mengurangi racun yang beredar luas.

Belum lama ini pihak Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DVCI), distributo­r resmi truk dan bus Mercedes-benz resmi meluncurka­n truk Mercedes- Benz Axor 4028T yang sudah sesuai dengan Euro 4. Peluncuran produk di BSD, Tangerang (7/6).

“Mercedes-benz Axor 4028T yang sudah Euro 4 ini dirancang dengan mesin OM 906 LA. Yang telah terbukti tangguh untuk masyarakat Indonesia, dilengkapi teknologi selective catalytic

(SCR) dan ZPD pump. Ini merupakan kombinasi yang cocok untuk dioperasik­an di Indonesia dengan pencapaian efisiensi maksimal bagi operator,” ujar Naeem Hassim, General Manager Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

Dalam acara yang sama, OTOMOTIF mendapat kesempatan untuk menjajal langsung truk Mercedes-benz Axor 4028T ini. Bertempat di pelataran parkir ICE BSD yang diubah menjadi jalur trek mulai dari zig-zag, melewati polisi tidur dan tentunya trek lurus.

OTOMOTIF dengan postur tinggi badan 165 cm masuk ke kabin walaupun tinggi tapi cukup mudah. Berkat adanya pijakan 2 step dan ada besi panjang antara pintu dan bodi untuk pegangan tangan. Hanya membutuhka­n sedikit tenaga untuk naik dan masuk ke kabin.

Saat memegang kemudi yang besar, terasa agak canggung. Maklum karena terbiasa menyetir mobil kecil.

Sementara itu, jok dengan ukuran besar dan tinggi menggunaka­nbahan fabric, pas banget memeluk badan.

O iya saat duduk nyaman banget lho, karena pengaturan jok sudah menggunaka­n suspensi udara. Jadi memudahkan driver mengatur tinggi rendah dan menyesuaik­an berat badan pengemudi. Sedangkan untuk mengatur posisi setir bisa maju mundur.

Dari segi keamanan, Axor 4028T sudah aplikasi tombol engine brake. “Gunanya untuk melewati jalur jalanan turunan panjang, agar kampas rem tidak cepat panas. Selain itu engine brake juga berguna untuk menghemat bahan bakar”, beber Sulasno, Trainer Mercedes-benz

Komersial saat mendamping­i OTOMOTIF.

Sedangkan pada layar MID terlihat sederhana tapi cukup informatif. O iya Adblue secara otomatis akan muncul dengan warna biru sebagai tanda bahwa emisi Euro 4 terpenuhi. Lalu ada fitur trip meter dan informasi temperatur suhu baik di dalam maupun luar kabin.

CRUISE CONTROL

Untuk kenyamanan saat berkendara Mercedes-benz Axor 4028T sudah disematkan fitur pembatas kecepatan. Saat kecepatan sudah kita di- setting misalnya 60km/jam, dan tiba-tiba pengemudi tidak sengaja injak pedal gas, truk tidak akan melaju secara mendadak.

Selain itu, yang menarik adalah terdapat fitur kenyamanan yang sudah banyak disematkan pada kendaraan penumpang atau passenger car. Fitur kenyamanan canggih tersebut adalah cruise control yang akan aktif mulai di kecepatan 15km/jam.

Pengoperas­ian juga sama, untuk menambahka­n kecepatan tinggal pencet (+) sedangkan tombol(–) untuk mengurangi kecepatan. Bila kita pencet tombol (+) otomatis langsung akan menambah kecepatan 5 km/ jam.

Sementara itu, Mercedes-benz Axor 4028T ini dilengkapi sistem pembakaran selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue yang telah lama digunakan oleh Daimler Trucks. Teknologi ini untuk memenuhi standar emisi Euro 4.

Jadi cara kerjanya, akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir terhadap performa mesin selama beroperasi.

Teknologi berikutnya, Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump) sudah menjadi global standar dari Jerman. ZPD Pump mempunyai fungsi untuk mengurangi kebocoran bahan bakar ( fuel leaking) di area plunger sehingga bahan bakar tidak tercampur dengan oli.

Kerenn. •

 ?? Reduction FOTO: F. YOSI ??
Reduction FOTO: F. YOSI
 ?? ?? Butuh 3 putaran untuk bisa menyatu dengan mobil gede Axor 4028T. Enteng saat zig-zag melewati kun begitupun saat polisi tidur suspensi cukup nyaman
Butuh 3 putaran untuk bisa menyatu dengan mobil gede Axor 4028T. Enteng saat zig-zag melewati kun begitupun saat polisi tidur suspensi cukup nyaman
 ?? ?? Adblue terdapat di kiri bawah dengan indikator yang muncul berwarna biru
Adblue terdapat di kiri bawah dengan indikator yang muncul berwarna biru
 ?? ?? Jok sudah menggunaka­n suspensi udara, jadi pengaturan tinggi rendah cukup mudah
Jok sudah menggunaka­n suspensi udara, jadi pengaturan tinggi rendah cukup mudah
 ?? ?? Terdapat ruang istirahat untuk driver. Di bawah tempat tidur juga bisa untuk menyimpan barang bawaan
Terdapat ruang istirahat untuk driver. Di bawah tempat tidur juga bisa untuk menyimpan barang bawaan
 ?? ?? Tombol cruise control terletak di samping kanan setir.
Tombol cruise control terletak di samping kanan setir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia