Otomotif

BOSAN BAHAN KULIT, INI SOLUSINYA!

-

OTOMOTIF berkesempa­tan meliput spesialis interior yang sedang fokus melapis jok mobil berbahan kain atau biasa disebut fabric. Namanya Java Seat di daerah Grand Galaxy City, Bekasi, Jawa Barat.

Berbeda dari workshop interior lain yang menawarkan bahan kulit atau kulit sintetis, Java Seat menawarkan berbagai motif bahan fabric (kain).

Stefaan, sang owner Java Seat mengaku awalnya melihat peluang banyaknya mobil-mobil keluaran 20- 30 tahun lalu yang ingin merestoras­i interiorny­a.

“Fokus dengan bahan kain ( fabric) mulai tahun 2015, kami berburu bahan kain untuk mobil-mobil seperti BMW E36, Corolla DX hingga yang lagi favorit, adalah Suzuki Katana,” terangnya.

Sambil berburu bahan dan belajar mengenai jenis-jenis bahan kain pelapis interior, “Ternyata banyak juga mobil tahun muda yang bosan dengan bahan jok kulit atau kulit sintetis, dan ingin menggunaka­n bahan kain fabric,” tukas Stefaan, yang bikin tagar #balikkefab­ric.

Bicara soal motif bahan, Stefaan mengaku ada sekitar 50-an macam dengan jenis bahan OEM dan aftermarke­t. “Yang OEM beberapa diantarany­a adalah bahan fabric CR-V gen 1, CR-V AWD, Lancer EVO CK4, X-trail, Yaris, Livina, Alphard hingga Suzuki Katana antara tahun 2000- 2005,” terangnya.

Sedangkan untuk bahan kain aftermarke­t juga ditawarkan Java

Seat, “Motifnya banyak, ada yang mirip bahan Recaro, lalu motif corak ( blue fame), motif garis ( blue line), atau motif wajik hitam cocok buat mobil yang ingin temanya kembali ke OEM,” jelas pria ramah ini.

Nah, untuk biaya pengerjaan­nya, Stefaan mematok biaya mulai dari Rp 2,5 jutaan. Ongkos segitu termasuk bahan dan pengerjaan untuk jok dan door trim, “Plus merapikan ulang rangka dan busa serta servis kecil-kecil,” jelasnya lagi. Untuk durasi pengerjaan disebut antara 3 hari hingga satu minggu. Tertarik? •

 ?? ?? Daihatsu Xenia pakai kain fabric ala Mercedes-benz G-klasse
FOTO:RENDY
Daihatsu Xenia pakai kain fabric ala Mercedes-benz G-klasse FOTO:RENDY
 ?? ?? Bahan kain fabric Suzuki Katana masih tersedia stoknya
Bahan kain fabric Suzuki Katana masih tersedia stoknya
 ?? ?? Mobil tahun muda, kece juga pakai bahan fabric lawas
Mobil tahun muda, kece juga pakai bahan fabric lawas
 ?? ?? Biaya mulai Rp 2,5 juta
Biaya mulai Rp 2,5 juta
 ?? ?? Beberapa bahan kain OEM tersedia
Beberapa bahan kain OEM tersedia

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia