Otomotif

KEMPING DAN OFF-ROAD

DENGANPEMA­NDANGANGUN­UNG

-

Buat Anda penggemar wisata adventure dan outdoor seperti kemping, trekking dan offroad, ada tempat wisata baru di sekitaran wilayah Bogor, Jabar. Namanya Hopeland Camp

Lokasi persisnya ada di wilayah Cijeruk, Cipelang, Bogor. Tidak begitu jauh dari Gunung Salak. Kalau dari Jakarta, hanya butuh waktu perjalanan sekitar 1,5 jam sampai 2 jam untuk bisa sampai di sini.

Untuk menuju ke sana, jika menggunaka­n mobil bisa melalui jalan tol Jagorawi disambung tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi), lalu ambil jalan keluar di Caringin. Enaknya, lokasinya sudah terdaftar di Google Maps, jadi tinggal ikuti petunjuk yang diberikan.

Karena terletak pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), untuk bisa sampai di sini harus melewati medan semi off-road, jalan sempit, terjal dan berbatu.

Jangan memaksa ke sini dengan mengendara­i mobil kecil dan penggerak 2 roda terutama ketika hujan. Seperti yang dialami oleh OTOMOTIF dengan menggunaka­n Toyota All New Hilux 4x4. Beberapa kali mengalami slip meski 4x4nya sudah diaktifkan. Namun tetap dilibas karena mobil bertransmi­si otomatis ini punya crawling ratio yang bagus.

Sebenarnya kalau tega, mobil 4x2 juga bisa naik asal ground clearance tinggi dan tidak hujan. Terutama lagi, punya perasaan agak kurang sayang dengan mobil.

AKTIVITAS

Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan jika datang ke Hopeland Camp. Yakni kemping, trekking dan off-road. Lokasi ini memiliki area camp site yang luas. Anda bisa mendirikan tenda tepat di samping mobil. Bahkan kalau punya, Anda juga bisa membawa campervan ke sini.

“Area camp site- nya berhadapan langsung dengan Gunung Gede-pangrango. Kalau malam bisa melihat kerlip lampu kota di kejauhan. Sementara pemandanga­n sunrisenya juga tak kalah indah dengan awan yang terlihat mengapung sejajar di lembah yang berhadapan dengan tempat mendirikan tenda,” buka Hendrata Yudha, pemilik sekaligus pengelola Hopeland Camp ini.

Selanjutny­a, pengunjung juga bisa melakukan trekking menuju curug. Ada dua curug yang bisa dicapai, yakni curug Batu Ampar dan curug Ciorog.

Kemudian adalah offroad. Buat yang datang ke sini dengan mobil 4x4, bisa sekalian jajal trek off-road yang telah disediakan. “Panjang treknya sekitar

2 km. Ada dua medan, medium dan extreme.

Kita juga telah sediakan beberapa winching point untuk recovery,” lanjut Tata, sapaannya.

Kegiatan selanjutny­a yang tak kalah menarik adalah memetik sendiri buah atau sayuran yang ada. Saat kami ke sana untuk syuting Youtube OTOMOTIF Traveling, bisa memetik bawang daun, salada, cabe, terong belanda, dan lainnya. “Terpenting semua ini non pestisida. Jadi aman dan rasanya berbeda,” tambah Umi, istri Tata panggilan Hendrata.

Ke depannya, pria yang pernah bekerja di salah satu TV swasta ini akan mengembang­kan fasilitas paralayang.

Memiliki luas total 18 hektare, Hopeland Camp ini sebenarnya masih dalam tahap pengembang­an. Hingga saat ini baru 3 hektar lahan saja yang sudah digarap. Meski begitu, beberapa fasilitas dasar seperti toilet dan listrik sudah tersedia. “Kami juga telah telah sediakan toilet bersih 11 pintu, gazebo, mushola, kafe bahkan wifi,” lanjutnya.

BIAYA

Mengenai biaya, ternyata cukup terjangkau untuk menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di Hopeland Camp. Untuk kemping, dikenakan biaya Rp50.000 per orang. Belum termasuk penyewaan tenda.

Kalau hanya sekadar berkunjung dan tidak menginap, dikenakan tarif Rp20.000. “Meski begitu, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti trekking dan off-road,” lanjut pria yang juga memegang lisensi instruktur menyelam ini.

Seandainya enggan kemping, disediakan juga vila. Berupa tiga bangunan yang disarankan disewa semua sekaligus. Hanya Rp 2,5 juta/ malam dengan bisa menampung sekitar 10 orang. Ditambah lagi sudah ada dapurnya.

Sedangkan jika ingin off-road, dikenakan tarif Rp150.000 per mobil.

Bagi yang ingin datang, bisa langsung ke lokasi atau melakukan reservasi terlebih dahulu. “Kalau datangnya pas weekend atau hari libur nasional sebaiknya melakukan booking terlebih dahulu. Tujuannya booking supaya bisa mengetahui ketersedia­an slot, penuh atau tidak. Selain itu kami juga bisa memantau jenis kendaraan yang dipakai, apakah bisa naik ke atas atau ditaruh di bawah saja, nanti kita jemput,” pungkas pemilik dua anjing peliharaan bernama Landy dan Ranger ini.

Di sini juga tak perlu takut kelaparan. Bukan karena dekat dengan warung, tapi kita bisa pesan makanan yang akan disantap. Ikan pesmol, rawon, karedok, ikan goreng, jadi beberapa pilihan.

Kalau lewat booking, bisa sekalian request masakannya. •

 ?? OKKIE ?? Pemandanga­n saat matahari terbit, menghadap langsung gunung Gede-pangrango
Tersedia villa dengan biaya Rp2,5 juta per malam
OKKIE Pemandanga­n saat matahari terbit, menghadap langsung gunung Gede-pangrango Tersedia villa dengan biaya Rp2,5 juta per malam
 ?? RASPATI OKKIE RASPATI ?? Beberapa titik winching point tersedia di sepanjang trek
Pemandanga­n camp site saat sunrise
Dari total luas area 18 hektar, baru 3 hektar saja yang digarap
Hendrata Yudha, Pemilik sekaligus pengelola Hopeland Camp
Pengunjung yang datang bisa memetik buah dan sayur di kebun organik, gratis
RASPATI OKKIE RASPATI Beberapa titik winching point tersedia di sepanjang trek Pemandanga­n camp site saat sunrise Dari total luas area 18 hektar, baru 3 hektar saja yang digarap Hendrata Yudha, Pemilik sekaligus pengelola Hopeland Camp Pengunjung yang datang bisa memetik buah dan sayur di kebun organik, gratis
 ?? RASPATI ?? Toyota Hilux 4x4 yang dipakai Otomotif untuk menuju Hopeland Camp
Tersedia trek offroad sepanjang 2 Km dengan dua jenis medan, medium dan extreme
RASPATI Toyota Hilux 4x4 yang dipakai Otomotif untuk menuju Hopeland Camp Tersedia trek offroad sepanjang 2 Km dengan dua jenis medan, medium dan extreme
 ?? RASPATI RASPATI ??
RASPATI RASPATI
 ?? RASPATI ?? Suasana dapur di dalam villa
RASPATI Suasana dapur di dalam villa
 ?? RASPATI ??
RASPATI
 ?? RASPATI ??
RASPATI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia