Otomotif

CARI MOTOR IRIT

-

Halo selamat pagi juga Mas Martinus. Motor yang irit kuncinya adalah yang mesinnya sudah injeksi, kapasitas tak begitu besar, penyaluran tenaga ke roda belakang optimal alias minim slip dan bobot motornya tergolong ringan.

Kunci jawabannya untuk saat ini yang masuk kriteria tersebut adalah motor bebek 110 cc, seperti Honda Revo X, Yamaha Vega Force atau Suzuki Smash.

Motor-motor tersebut konsumsi bahan bakarnya bisa tembus 60 km/liter bahkan lebih. Hal itu karena kapasitas mesin yang cuma 110 cc, tak begitu rakus menghisap bensin, dan juga sudah injeksi sehingga sangat efisien.

Ditunjang pula ketika motor bebek di atas pakai konstruksi mesin long stroke atau punya langkah piston lebih panjang dibanding diameter piston, efeknya punya torsi yang besar sejak putaran rendah, sehingga tak perlu buka gas dalam- dalam motor sudah bisa laju.

Berikutnya motor bebek pakai kopling semi otomatis, yang mana tergolong efisien menyalurka­n tenaga ke roda, lebih minim slip dibanding jenis CVT di skutik dan simpel tak perlu main kopling seperti di bebek super atau motor batangan.

Bobot pun ringan, rata-rata di bawah 100 kg, sehingga tenaga yang dihasilnya lebih efisien untuk berjalan.

Oiya tapi perlu dicatat, karena pakai transmisi semi otomatis, pengendara juga harus pintar mengatur posisi gigi. Jangan sampai telat pindah gigi, baik itu naik maupun turun. Akan sama- sama bisa bikin boros bensin. Wajib pindah setiap sudah dapat torsi maksimalny­a. Intinya usahakan serendah mungkin putaran mesin, namun mesin juga terasa rileks berkitir bukan menggerung kepayahan.

 ?? Martinus – by DM ?? Selamat pagi Mas Aant. Mas mau minta sarannya, untuk sepeda motor yang paling irit bahan bakar sepeda motor apa ya? Terima kasih.
DOK.OTOMOTIF
Martinus – by DM Selamat pagi Mas Aant. Mas mau minta sarannya, untuk sepeda motor yang paling irit bahan bakar sepeda motor apa ya? Terima kasih. DOK.OTOMOTIF
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia