Otomotif

BELAJAR DARI AWAL

- Purnama, Manager Motorsport YIMM.

Sejak

2015, Yamaha Sunday Race ( YSR) rutin digelar setiap tahun dari cuma tiga sampai lima seri setahun. Namun 2020-2021 absen karena pandemi Covid-19 dan akhirnya YSR 2022 digelar pekan lalu (19/6) di sirkuit Sentul, Jabar.

Menggelar YSR tahun ini seperti belajar dari awal lagi bagi pihak Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing ( YIMM) karena harus kembali mengelola jadwal dan kerumunan saat pandemi yang baru mereda. Karena tidak mudah seperti terakhir kali 2019 untuk mengumpulk­an ribuan bikers masuk ke Sentul.

“Sekarang kami belum bisa umumkan jadwal setahun penuh secara gamblang karena masih meraba kondisi pandemi. Kadang sudah bisa balapan, tetapi ada PPKM dan regulasi pembatasan kerumunan lainnya, jadi kita usahakan YSR tiga seri dulu dan satu kali Yamaha Endurance Festival ( YEF) di akhir tahun,” kata Dhani Hendra

KONDISI SENTUL

Itu dari sisi penyelengg­ara, dari sisi para pembalap baik komunitas dan profesiona­l pun kembali belajar.

Seperti pembalap cukup mengagetka­n setelah dua tahun tak balapan di Sentul yang kini ternyata aspalnya cukup parah.

Meski pernah diaspal ulang penghujung 2020, tetapi sudah rusak lagi karena kondisi dan jarang dipakai saat ada PPKM. Apes, karena yang rusak juga di bagian racing line yang banyak tambalan semen, serta permukaan tidak rata atau bumpy hampir di semua bagian.

“Sepertinya saat Kejurnas IRS 2018 sama YSR 2019 belum separah ini, sekarang lebih parah karena

kami harus ubah setup motor lagi agar stabil. Suspensi dibikin lebih keras dan jadinya bikin lap time lebih lambat, biasanya 1 menit 43 detik (di kelas 250 cc), sekarang 1 menit 44 atau 45 detik saja agak susah,” kata Anggi Setiawan, pembalap tim Yamaha BAF AKAI Jaya.

Namun YIMM masih bersikeras tetap menggelar YSR dan YEF tahun ini di sirkuit Sentul dengan alasan lebih mudah diakses bagi semua peserta yang sebagian besar berasal dari Jabodetabe­k dan juga Pulau Jawa. Meski ada saran untuk digelar juga di sirkuit Mandalika, NTB. “Kalau bisa sih bikin juga di Mandalika, misalnya seri final supaya lebih istimewa karena sirkuit besar di Indonesia sekarang bukan cuma Sentul, juga ada Mandalika. Semua pasti akan suka jika ada kesempatan untuk balapan di sirkuit sekelas Motogp,” kata Galang Hendra. Mengenai dua seri selanjutny­a, YIMM masih belum bisa menaruh tanggal pasti hanya sekitan di bulan Agustus dan September. Mengenai tanggal pastinya akan diumumkan dua pekan sebelumnya. Jadi nih satu ronde di Mandalika? •

 ?? ?? FOTO: DAB
FOTO: DAB
 ?? ?? Anggi Setiawan mengubah sedikit gaya balap dan setup suspensi agar kondisi motor lebih seimbang
Anggi Setiawan mengubah sedikit gaya balap dan setup suspensi agar kondisi motor lebih seimbang

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia