Otomotif

DIDOMINASI Takegawa

TARGET UTAMA 30 DK!

-

Masih ingat di gelaran GIIAS 2019 ada Honda Monkey dipajang di booth PT Astra Honda Motor (AHM), dengan harga Rp 65 juta saat itu.

Salah satu yang kepincut dan memutuskan membeli Monkey adalah pria yang bernama Syahrul. “Beli Monkey ini sebenarnya gak sengaja, karena dulu sempat ditawari teman tapi kurang yakin. Setelah tahu Monkey ini sangat susah dan kudu inden saat itu, jadi saya ambil,” jelasnya.

Setelah diantar ke rumahnya di kawasan Jaksel, Monkey ini sempat dianggurin beberapa bulan karena ia gak ada bayangan untuk modif motor ini. “Sampai akhirnya saya lagi iseng nyari part modif Monkey, ada 1 tuner yang bikin saya tertarik yaitu SP Takegawa, pas banget juga warna Monkeynya sama yang di foto oleh mereka! Kuning juga, hahaha...,” gelaknya.

Pria 40 tahunan ini pun langsung kepikiran untuk membuat tema single tuner Takegawa untuk Monkey miliknya. “Sayang pelek dan beberapa printilan lainnya tidak dibuat oleh Takegawa,” bisiknya sedikit kecewa. But the show must go on!

Namun akibat pandemi, kesulitan pengiriman part pun sempat menjadi kendala, dan ia nyaris berhenti membangun motor ini. “Saya pikir sudah tanggung setengah jalan, terusin ajalah!” seru Syahrul.

Setelah part pesanan mulai berdatanga­n, Monkey ini pun langsung dibawa ke bengkelnya yang bernama Intial D di kawasan Cijantung, Jaktim. Di sana motor ini dipreteli dan dirakit ulang dengan part Takegawa dan beberapa part lain merek.

Yang bukan part Takegawa seperti sokbreker Ohlins, rem Brembo, baut-baut Protti FFR, fender carbon Cat’s, Kitaco hollow axle shaft, pelek Over Racing Wheels Gpsix, dan lainnya. “Bisa dibilang 90% part Monkey ini pakai Takegawa,” jelasnya lagi. Yang gokil, hampir semua jeroan mesin sudah diganti dengan part Takegawa. “Blok dan transmisi berikut partnya pakai Takegawa semua, sekarang jadi 5 speed dari yang aslinya 4 speed,” tukas Syahrul.

Power mesin yang tadinya 9 dk sekarang mencapai 23 dk. “Target saya sampai 30 dk, harus ganti ECU lagi, saya masih mikir-mikir, hahaha...,” tawanya.

Dan akhirnya tampilan Monkey ini sudah mirip dengan buatan SP Takegawa sampai ke tampilan mesin sama banget. Mau tahu berapa biaya totalnya? “Yaa... kira-kira 3 Monkey baru deh,” ujarnya sambil menutup obrolan. Gokil!

 ?? ?? Cluster meter pun pakai Takegawa! Total part Takegawa yang terpasang sekitar 90%
Arm belakang juga diganti
Cluster meter pun pakai Takegawa! Total part Takegawa yang terpasang sekitar 90% Arm belakang juga diganti
 ?? FOTO: KYN ?? Sokbreker Ohlins dan rem Brembo, cocok!
Mesin jadi naik 181 cc dan 23 dk, targetnya 30 dk!
Transmisi jadi 5 speed nih!
Pelek Over Racing Wheels GP-SIX lebar belang, keren!
FOTO: KYN Sokbreker Ohlins dan rem Brembo, cocok! Mesin jadi naik 181 cc dan 23 dk, targetnya 30 dk! Transmisi jadi 5 speed nih! Pelek Over Racing Wheels GP-SIX lebar belang, keren!
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia