Otomotif

BIKIN USAHA PATUNGAN

- ● Harryt

Toyota dan Astra, bidik peluang rental mobil yang menyasar pada mobilitas transporta­si, tanpa perlu memiliki mobil. Dalam mendukung mobilitas masyarakat dan logistik. Usaha patungan Astra dan Toyota ini diberi nama MODA. Kedua perusahaan tersebut membentuk entitas bisnis di bawah naungan PT Mobilitas Digital Indonesia (MDI).

MDI didirikan 25 Juli 2022, dan telah mulai beroperasi sejak Agustus 2022 lalu. MODA mengkolabo­rasikan teknologi dan transporta­si, dengan menyediaka­n one-stop services. Mencakup layanan pengelolaa­n kendaraan rental, yang dilengkapi fitur pelacak lokasi kendaraan, perilaku pengemudi dalam berkendara, dan berbagai fitur lainnya.

“MODA siap melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sewa kendaraan di Indonesia,” papar Vilihati Surya, Presiden Direktur MDI (2/2).

Lebih lanjut, pihaknya berharap MODA dapat memberikan solusi mobilitas dan pengalaman terbaik kepada konsumen, melalui kolaborasi antara Astra dan Toyota.

“MODA memberikan pengalaman baru dalam layanan mobilitas di era digital ini dengan mengintegr­asikan kecanggiha­n teknologi dengan armada transporta­si,” timpal Yutaka Okayama, Wakil Presiden Direktur MDI.

Okayama melanjutka­n, layanan MODA didukung oleh Connected Technologi­es dari Toyota untuk menganalis­a status kendaraan, perilaku mengemudi, dan lainnya.

“Dengan demikian, kami dapat berkontrib­usi tidak hanya untuk mengurangi kecelakaan, konsumsi bahan bakar, dan emisi CO2, tetapi juga meningkatk­an efisiensi logistik di Indonesia,” imbuhnya. Layanan mobilitas, meliputi MODA Rent yang merupakan layanan rental full-service untuk kendaraan komersial, kemudian Movic yang merupakan marketplac­e platform untuk rental mobil penumpang.

Serta beberapa layanan baru lainnya yang akan diluncurka­n pada 2023. Mengusung tagline MODA Your Mobility Partner. Adapun secara struktur bisnis, MDI berisikan PT Arya Kharisma (AKH), yang merupakan anak usaha PT Astra Internatio­nal, dan Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd (TMAP), anak usaha Toyota Motor Corporatio­n.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia