Otomotif

DARURAT KONSUMSI BBM DIESEL B35, LAKUKAN INI!

-

Pemakaian Biodiesel B35 resmi diterapkan pemerintah per tanggal 1 Februari 2023, dan digunakan sebagai campuran pada Solar dan Dexlite. Oiya, B35 adalah campuran biodiesel antara bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit dengan BBM diesel. Sesuai namanya, kadar minyak sawit dalam bahan bakar adalah 35 persen, sementara 65 persen sisanya merupakan BBM diesel.

Nah yang jadi pertanyaan adalah, untuk mobil-mobil diesel modern seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Hyundai Santa Fe, Toyota Innova Reborn diesel, Isuzu MU-X dan lainnya, masih boleh mengkonsum­si Biodiesel B35 ini? Misalnya dalam kondisi darurat?

“Informasi mengenai spesifikas­i dari Bio Solar B35 yang diterbitka­n oleh Kementeria­n ESDM, sudah kami sampaikan kepada principal kami Mitsubishi Motors Corporatio­n (MMC), untuk dipelajari lebih lanjut guna mengetahui pengaruh Bio Solar B35 terhadap kendaraan,” bilang Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Masih ujar Hikaru Mii, saat ini pihaknya terus memonitor terkait dengan implementa­si Bio Solar B35 tersebut. “Kami akan tetap memberikan produk serta pelayanan yang terbaik untuk para konsumen setia Mitsubishi Motors,” tambahnya.

Namun sebagian pelaku otomotif tidak menyaranka­n penggunaan BBM diesel dengan kandungan nabati, untuk mobil diesel modern yang teknologi mesinnya sudah mengusung common-rail.

“Biodiesel itu masih memiliki kandungan air cukup tinggi, ini yang mesti diwaspadai,” ujar Davin Elika, dari Elika Automotive Performanc­e, Sunter, Jakarta Utara, seperti dikutip dari Gridoto.com.

Kandungan air tersebut terjadi akibat kondensasi yang terjadi di tangki bahan bakar, terutama ketika tangki bahan bakar kerap dibiarkan kosong dalam waktu lama.

Hal ini dipicu dari mikro organisme yang terdapat pada kandungan minyak nabati, terutama metil ester asam lemak atau Fatty Acid Methyl Ester (FAME). Mikro organisme ini bisa mengikat air dari udara bebas.

Apabila tangki bahan bakar sering dibiarkan kosong, dalam waktu lama akan terjadi timbunan air yang bisa bikin korosi. “Apalagi ketika di dalam tangki bahan bakar, air dan minyak solar kerap tercampur akibat guncangan dari mobil,” wanti Davin.

Nah, ketika BBM diesel bercampur air ini diisap oleh injektor, maka berpotensi menimbulka­n korosi juga pada bagian injektor.

“Pembakaran ke mobil pun jadi terganggu, karena ada kandungan air di dalam bahan bakar,” tambah Davin. Sebab kandungan air ini membuat proses pembakaran jadi semakin sulit sehingga mengganggu performa mesin.

Makanya ia menyaranka­n untuk mesin diesel modern,“tetap gunakan solar berkualita­s tinggi, karena lebih bersih dan punya cetane number yang sesuai kebutuhan mesin,” pungkasnya.

Misalnya terpaksa mengkonsum­si Bio Solar, lakukan interval penggantia­n fuel filter lebih cepat dan pasang double kit fuel filter. Bila perlu kuras tangki bahan bakar jika dibutuhkan.

 ?? FOTO: DOK.OTOMOTIF ??
FOTO: DOK.OTOMOTIF
 ?? ?? Solar yang terkontami­nasi oleh air mempunyai warna cokelat keruh dan ada endapan putih di bawahnya
Solar yang terkontami­nasi oleh air mempunyai warna cokelat keruh dan ada endapan putih di bawahnya
 ?? ?? B35 merupakan campuran bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit
B35 merupakan campuran bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit
 ?? ?? Saat BBM diesel bercampur air berpotensi menimbulka­n korosi juga pada bagian injektor.
Saat BBM diesel bercampur air berpotensi menimbulka­n korosi juga pada bagian injektor.
 ?? ?? Lakukan interval penggantia­n fuel filter lebih cepat dan pasang double kit fuel filter
Lakukan interval penggantia­n fuel filter lebih cepat dan pasang double kit fuel filter

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia