Otomotif

TCR MASUK, PERSAINGAN (AKAN) SERU

-

Alvin Bahar musim kompetisi 2022 menjadi raja di balap turing kelas Kejurnas ITCR 3600 MAX. Menggunaka­n Hondacivic Type R, Alvin, demikian sapaannya melenggang seorang diri menjadi yang tercepat.

Namun, untuk musim balap 2023 ini, ada pendatang baru yang benar-benar menantang duel sang raja. Ini terlihat langsung ketika gelaran putaran 1 ISSOM 2023 kelas ITCR 3600 MAX di Sirkuit Sentul, Jabar (3-5/3).

STRATEGI

Glenn Nirwan, langsung nyemplung di kelas tersebut. Menggunaka­n Audi RS3 TCR yang dibeli langsung dari Jerman, Glenn tak gentar menghadapi siapapun.

Bahkan sejak sesi latihan resmi sudah memberi pertanda kalau akan mendominas­i lomba. Saat latihan dan kualifikas­i dalam keadaan basah dirinya mampu mencatat waktu 1 menit 45 detik. Ketika race day, dominasi tersebut jelas dipertonto­nkan.

Putra pereli senior, Roy Nirwan ini terus berada di depan semenjak start. Tanpa bisa didekati oleh Alvin. “Di kelas ini semua perfect. Catatan waktu sangat bagus, start juga sempurna setelah sempat salah start pas balap di kelas lain. Kemudian juga di trek enggak ada masalah,” jelas pria yang vakum balap turing selama 12 tahun ini.

Ketika race, lap best time berada di angka 1 menit 43 detik. Sedikit agak pelan dibanding ketika latihan dalam kondisi kering dengan waktu 1 menit 41 detik.

“Jarak dengan belakang sudah cukup, jadi enggak perlu terlalu ngotot bikin jarak. Jaga-jaga kondisi mobil dan ban juga. Toh di balap ini enggak ada kejuaraan dengan kategori ‘meninggalk­an lawan terjauh’, jadi yang cukup saja. Di balap enggak selalu harus kencang, tapi juga strategi,” tegasnya.

Sementara itu Alvin menanggapi posisi 2 yang dipertahan­kan sejak start. “Balap kali ini harus diakui tidak maksimal. Karena beberapa part kompetisi yang sudah dipesan baru datang, sehingga belum bisa dipasang. Selain itu ada salah pakai ban juga, pengaruh banget ke handling,” jelas pembalap sekaligus direktur Honda Racing Indonesia tersebut.

Enggak mau tinggal diam, Alvin tetap tebar ancaman mulai putaran 2 mendatang. Hal ini karena part-part kompetisi yang dipesan sudah akan terpasang. “Juga kita akan entengkan mobil. Sekarang overweight-nya parah banget,” ungkapnya.

Di luar kompetisi tersebut, kelas ITCR 3600 MAX ini diprediksi akan semakin ramai. Sebab Alvin akan upgrade mobil, juga ada indikasi akan datang lagi mobil-mobil spesifikas­i TCR.

“Jelas semakin semangat balap dan seru kalau Alvin upgrade. Mobil-mobil TCR yang datang juga bikin balap makin semarak. Kita sebagai pembalap semakin terpacu dengan pertarunga­n yang sengit, dan bisa terjaga entertain-nya karena tampilan mobil-mobilnya juga keren,” tutup Glenn.

Wah, bisa seru banget kalau mobil balap spesifikas­i TCR bertambah.

 ?? ?? PRADANA
PRADANA
 ?? ?? Alvin Bahar. Mobil masih overweight dan tidak maksimal
Alvin Bahar. Mobil masih overweight dan tidak maksimal
 ?? ?? FOTO :TONCIL
Glenn Nirwan langsung mendominas­i lomba pakai Audi RS3 TCR
FOTO :TONCIL Glenn Nirwan langsung mendominas­i lomba pakai Audi RS3 TCR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia