Otomotif

DOKUMENTAS­I BARANG BUKTI

-

Seringnya terjadi kecelakaan atau tindak kriminal di jalan, membuat beberapa produsen mobil menyematka­n kamera dasbor (dashcam) sebagai fitur tambahan. Bahkan di beberapa negara seperti Korea Selatan, dashcam justru dijadikan sebagai fitur standar kendaraan keluaran baru.

Berbagai fitur terkini pun turut disematkan pada dashcam untuk mendapatka­n hasil perekaman yang maksimal, seperti resolusi perekaman 4K, night vision, G-sensor dan sebagainya.

Keberadaan­nya di mobil pun dinilai sangat penting. Selain untuk sekadar mengabadik­an momenmomen saat berkendara, juga berguna jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan seperti tertabrak pengemudi lain.

Rekaman yang tersimpan di dalam dashcam juga bisa dijadikan sebagai barang bukti. Terutama saat harus membuat laporan ke pihak berwajib atau klaim asuransi.

Jika mobil Anda belum dilengkapi fitur ini sebagai standarnya, jangan berkecil hati. Solusinya, bisa pilih produk aftermarke­t. Pilihannya pun beragam di pasaran dengan fitur yang tak kalah komplit.

BLACK VUE

Salah satu merek yang bisa jadi pertimbang­an adalah Blackvue. Merek asal Korsel yang cukup terkenal di pasaran ini menawarkan beberapa pilihan dengan fitur berbeda-beda.

“Kami membaginya menjadi tiga, yaitu simple dashcam, wifi dashcam dan cloud dashcam. Perbedaann­ya selain di harga, juga fitur yang diusungnya,”kata Rudy

Ham, Direktur Pemasaran Black Vue Indonesia.

Untuk simple dashcam menjadi varian termurah yang dimiliki Blackvue dengan fitur standar. Wifi dashcam menjadi varian menengah dengan tambahan wifi untuk terhubung ke smartphone dan cloud dashcam sebagai varian flagship dan termahal serta fitur terlengkap, seperti penyimpana­n awan dan kualitas video 4K.

Salah satu produknya adalah Black Vue DR970X-2CH dan DR770X2CH. Dashcam ini belum lama diperkenal­kan. Dibandingk­an varian lainnya, perbedaan paling signifikan ada pada resolusi kamera 4K dan full HD. Selain keunggulan soal resolusi kamera, keduanya memiliki banyak fitur yang menarik.

Ada built-in Parking Mode dengan fungsi timer untuk mencegah aki mobil terkuras habis, kemudian built-in Dual GNSS (GPS + GLONASS) untuk mendapatka­n informasi lokasi dan kecepatan mobil dengan lebih akurat.

Lalu dilengkapi juga dengan Image Sensor Sony Starvis dengan dukungan Auto Night Vision yang bisa menyesuaik­an otomatis di setiap kondisi cahaya terang dan gelap.

Soal harga, Black Vue DR970X2CH dibanderol di angka Rp 8,99 juta dan tipe DR770X-2CH ditawarkan dengan harga Rp 6,99 juta. Oh ya, semua produk Black Vue dapat garansi 18 bulan.

70MAI

Selain itu, ada merek dashcam lain yang bisa Anda jadikan referensi, yakni 70mai. Uniknya ada produk dashcam 360 derajat bernama Omni.

Ya, tidak seperti dashcam konvension­al yang hanya memiliki perspektif satu arah, yang satu ini bisa mengambil gambar hingga 360 derajat. Diklaim merupakan yang pertama di dunia.

Lensanya sendiri memiliki angle yang cukup luas yaitu 140 derajat, dan ini dapat berputar hingga 340 derajat. Selain itu dashcam ini juga menggunaka­n teknologi sensor Purecel®plus-s HDR dan dengan aperture besar f/1.5. Serta rentang dinamis hingga 120db. Ini diklaim dapat meningkatk­an kualitas perekaman terutama saat minim cahaya.

Selain bisa dipakai memantau kendaraan selama perjalanan, ini juga bisa dipakai sebagai kamera keamanan saat mobil diparkir.

70mai Omni tersedia dalam dua pilihan penyimpana­n, 64 GB yang dibanderol Rp 2.899.000 dan 128 GB yang dibanderol Rp 3.299.000.

 ?? FOTO: RASPATI ??
FOTO: RASPATI
 ?? ?? Blackvue ada tiga kategori, bedanya selain harga, juga fitur yang diusungnya
Blackvue ada tiga kategori, bedanya selain harga, juga fitur yang diusungnya
 ?? ?? 70mai Omni, cukup 1 alat, bisa menjangkau seluruh sisi
70mai Omni, cukup 1 alat, bisa menjangkau seluruh sisi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia