Otomotif

NYEBRANG MEREK

- •

Seiring pemakaian motor, sil ( seal) sokbreker depan memang bisa mengalami kerusakan. Bukan hanya karena usia sehingga lama-lama mengeras, tapi juga efek dari kotoran yang menempel dan terusterus­an tergerus, sehingga akhirnya bocor.

Jika sil sokbreker depan rusak, oli bisa rembes dan bikin sokbreker bermasalah. Masalah utama tentu peredaman jadi tak lagi maksimal. Jika oli terus berkurang dan habis, sokbreker jadi mental-mentul karena hanya sisa per saja, tak ada yang meredam.

Jangka panjang terburukny­a, as sokbreker bisa jadi aus, lapisan kromnya hilang, sehingga perbaikann­ya jadi semakin mahal.

Makanya jika sil sokbreker depan rusak harus segera ganti dengan sil yang baru. Tapi, untuk pemilik Suzuki Address yang mengalami sil sokbreker depan rusak, mungkin ada yang bingung mencari part penggantin­ya (Gbr.1). Pasalnya, saat ini memang agak sulit mencari dealer resmi Suzuki.

Padahal, menurut website resmi Suzuki yaitu suzuki.co.id, harga sil sokbreker depan Address tergolong murah. Untuk sil oli yang berkode 51153-09G00-000 harganya hanya Rp 16.500 per biji (Gbr.2), sedang sil debunya yang berkode 5157109G00-000 cuma Rp 7.000 per biji (Gbr.3).

Meski begitu, tidak perlu khawatir, selain bisa cari di marketplac­e, sil sokbreker depan Address ternyata bisa pakai milik motor lain yang banyak di pasaran, alias ada substitusi­nya.

“Seal sok depan Address bisa pakai seal sok punya Honda Supra,” ujar Ikhsan Jumaris dari Yons Motor yang bengkelnya ada Jl. Citayam Raya, Gang Menteng No.29, Cipayung, Depok, Jawa Barat.

“Tapi tidak semua Honda Supra sama, hanya milik Supra X yang sama dengan Address,” yakin Ikhsan. Untuk pemasangan sil sok sendiri bisa langsung tanpa perlu ada penyesuaia­n.

Soal harga, sil sokbreker depan milik Honda Supra X dibanderol Rp 37.000 sepasang (Gbr.4). Terakhir jangan lupa saat ganti sil mesti lakukan penggantia­n oli sokbreker, sekitar 56 ml tiap tabung (Gbr.5). Nurul

 ?? FOTO: TIM MOTOR PLUS ??
FOTO: TIM MOTOR PLUS
 ?? ?? 5
5
 ?? ?? 3
3
 ?? ?? 2
2
 ?? FOTO: AANT ?? 4
FOTO: AANT 4
 ?? ?? 1
1

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia