Otomotif

NUANSA BARU

-

Kejurnas Motor Sport kembali dibangkitk­an di tahun ini setelah terakhir kali diselengga­rakan tahun 2018. Tahun ini sebagai awalan hanya digelar tiga seri yang semuanya di sirkuit Mandalika. Seri pertama hanya menggelar Kejurnas Sport 250 yang sejadwal dengan WSBK Mandalika.

Lalu pada seri kedua dan ketiga ada Kejurnas Sport 150, Kejurnas Supersport 600 dan juga kelas pendukung, Underbone 150 U-20 dan Superbike Community. Tahun 2024 akan ada peningkata­n dari segi kualitas balapan, sampai jumlah seri yang ditambah.

“Karena antusiasny­a cukup baik di tahun ini (2023), maka memang ada rencana untuk kita tambah di tahun 2024. Paling memungkink­an ya 5 seri setahun, tapi kita usahakan jadi 6 seri supaya lebih sering,” tutur Eddy Saputra, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat.

Dengan digelar 5 seri setahun, maka bisa digelar berdekatan dengan event-event serupa, seperti Yamaha Sunday Race ( YSR) yang juga direncanak­an akan digelar makin banyak tahun depan. Alhasil Kejurnas MRS bisa diselengga­rakan dengan jadwal berdekatan dengan YSR, atau ARRC (Asia Road Racing Championsh­ip).

PENANTANG

Apalagi ada kabar kalau Kawasaki akan kembali ikut serta pada ajang yang bernama Kejurnas Mandalika Racing Series (MRS). Kawasaki yang meninggalk­an Sport 250 pada tahan 2018 dengan motor Ninja 250 akan kembali dengan Ninja ZX-25R.

Motor seperempat liter empat silinder ini juga akan berkompeti­si pada ajang ARRC kelas AP250. Tak pelak akan diprediksi juga terjun di kancah Kejurnas. Manual Tech, tim asal Jogjakarta yang menjadi andalan Kawasaki Heavy Industri untuk meracik ZX-25R kembali juara di Asia.

Seperti pada tahun 2017, kala Ninja 250 juga diterjunka­n di kancah Kejurnas untuk meriset motor lebih jauh. “Tunggu saja, nanti kita tunggu kalender dan kesempatan­nya juga untuk bisa ikut balapan,” kata Ibnu Sambodo, Kepala Mekanik Manual Tech.

Honda CBR250RR masih menjadi motor yang kompetitif, terbukti menjadi juara nasional lewat pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica. Sedangkan Yamaha R25 masih terseok-seok di lima besar, meskipun timnya banyak yang ikut serta.

Jadwal Kejurnas MRS akan dipublikas­ikan sebelum puasa Ramadan 2024, sehingga tim bisa lebih bersiap dari segi finansial dan motor. Kompetisi balap motor internasio­nal di tahun depan juga hanya tercatat ada Motogp dan ARRC saja, karena WSBK tidak ada jadwal di Mandalika.

Tak pelak keluangan jadwal bisa jadi kemudahan IMI Pusat dalam mengatur jadwal balap nasional.

 ?? FOTO:DAB ??
FOTO:DAB
 ?? ?? Kawasaki Ninja ZX-25R turun di ARRC, juga kemungkina­n akan turun di kancah Kejurnas.
Kawasaki Ninja ZX-25R turun di ARRC, juga kemungkina­n akan turun di kancah Kejurnas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia