Otomotif

VX BERBULU FJ

-

Pastinya banyak yang silap saat melihat sosok Toyota Land Cruiser FJ45 ini. Siapa sangka, ternyata ini merupakan Land Cruiser 80 Series yang menyamar dalam badan Land Cruiser 80 Series, atau biasa dikenal VX80.

Ini merupakan tunggangan Brigjen TNI (Purn) Untung Purwadi, off-roader asal Bogor sekaligus

Ketua dari IOF Pengcab Bogor. Dan jadi tunggangan andalan Untung untuk menaklukan trek-trek ekstrem.

“Sebelumnya saya sudah pakai berbagai jenis kendaraan 4x4. Namun yang cocok dihati dalam segi ketangguha­n dan nyaman tidak banyak. Makanya tidak pernah dipakai lama,” kata Untung, pria dengan pembawaan riang ini.

Salah satu mobil 4x4 yang terkenal tangguh dan nyaman adalah Land Cruiser VX80. Namun kekurangan mobil ini adalah bodinya yang bongsor dan berat. Jadi buat ketemu medan ekstrem cukup menyulitka­n saat ketemu trek sempit dan proses recovery- nya.

Dan kebetulan, Untung mendapatka­n unit Land Cruiser 80 Series 1995 model barn door untuk ‘dibedel-bedel’. “Off- road pakai VX itu udah paling enak deh. Tapi biar tidak repot, bodinya saya cabut saja. Jadi pakai bodi yang lebih kecil,” ucap Untung yang lagi mencalonka­n diri jadi Bupati Bogor di 2024 mendatang.

Pilihan bodinya pun mengambil dari sosok Land Cruiser FJ40. Namun untuk menyesuaik­an dimensi, pun bodinya custom jadi FJ45 yang merupakan model pikap. “Sosok FJ40 yang diambil bagian depan hingga kabin depan, pilar B ke belakang custom,” ucap Heri Sucipto dari bengkel SBC Garage 4x4 di Sentul City, Bogor.

Yang tersisa dari Land Cruiser HZJ80 adalah sasis, mesin, transmisi dan kaki-kaki. Berhubung varian yang digunakan HZJ80, jadi tidak repot urusan sensor atau kabel mesin. Untung hanya perlu bikin kabel bodi baru untuk perangkat listrik yang lebih minim.

Nah dengan kondisi yang sekarang, Untung merasa puas. “Sekarang saya puas! Main bisa tenang dan lepas buat bejek gas tanpa takut rusak bodi dan lainnya. Mobil juga semakin kuat karena bobotnya jauh lebih ringan,” tutup Untung.

 ?? ?? Dasbor FJ40 dibagian tengah disisipkan deretan switch listrik tambahan untuk perangkat off-road. Serta di pillar A diperuntuk­an untuk switch air locker dan toggle winch
Dasbor FJ40 dibagian tengah disisipkan deretan switch listrik tambahan untuk perangkat off-road. Serta di pillar A diperuntuk­an untuk switch air locker dan toggle winch
 ?? ?? Kaki-kaki Land Cruiser 80 memang jadi racikan andalan mobil off-road. Untung hanya ganti final gear Yukon 7:37 dan air locker depan belakang. Serta lift kit dari Ironman 4x4.
Data Modifikasi
Bengkel: SBC Garage 4x4, Sentul City, Bogor. Telp. 0857195399­96
Mesin: Toyota 1HZ, Transmisi: Manual OEM VX80, Gardan: OEM VX80, Suspensi: Ironman 4x4 Liftkit 2.5”, Locker: ARB Air Locker, Pelek: OEM Toyota Prado, Ban: Simex Extreme Trekker 35”, Bodi: Custom FJ45, Winch: Gigglepin GP100 DM (Depan) & Warn 9.5xp (Belakang)
Kaki-kaki Land Cruiser 80 memang jadi racikan andalan mobil off-road. Untung hanya ganti final gear Yukon 7:37 dan air locker depan belakang. Serta lift kit dari Ironman 4x4. Data Modifikasi Bengkel: SBC Garage 4x4, Sentul City, Bogor. Telp. 0857195399­96 Mesin: Toyota 1HZ, Transmisi: Manual OEM VX80, Gardan: OEM VX80, Suspensi: Ironman 4x4 Liftkit 2.5”, Locker: ARB Air Locker, Pelek: OEM Toyota Prado, Ban: Simex Extreme Trekker 35”, Bodi: Custom FJ45, Winch: Gigglepin GP100 DM (Depan) & Warn 9.5xp (Belakang)
 ?? FOTO: ... ?? Winch Gigglepin GP100 Double Motor jadi andalan jitu untuk taklukan trek ekstrem,
FOTO: ... Winch Gigglepin GP100 Double Motor jadi andalan jitu untuk taklukan trek ekstrem,
 ?? FOTO: RINDRA ?? Pelek terinspira­si mobil offroad Malaysia, model alloy OEM lebar 7”. Untung memilih pelek alloy asli Toyota Prado tahun 2000. Dibalut ban Simex Extreme Trekker ukuran 35”
FOTO: RINDRA Pelek terinspira­si mobil offroad Malaysia, model alloy OEM lebar 7”. Untung memilih pelek alloy asli Toyota Prado tahun 2000. Dibalut ban Simex Extreme Trekker ukuran 35”
 ?? ?? Mesin diesel 4.200 cc kode 1HZ ini jadi incaran lantaran bandel dan masih konvension­al. Jadi, gak masalah buat kerendam air dan neguk solar jelek
Mesin diesel 4.200 cc kode 1HZ ini jadi incaran lantaran bandel dan masih konvension­al. Jadi, gak masalah buat kerendam air dan neguk solar jelek

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia